• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Mitra

Kiprah CV NU Mandiri Jombang yang Terus Menggembirakan

Kiprah CV NU Mandiri Jombang yang Terus Menggembirakan
Pupuk organik hasil produksi CV NU Mandiri Jombang. (Foto: NU Online Jombang)
Pupuk organik hasil produksi CV NU Mandiri Jombang. (Foto: NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Direktur CV NU mandiri Sugiarto menjelaskan, CV NU Mandiri berdiri sejak tahun 2018. Unit usaha yang digerakkan oleh Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Jombang ini konsentrasi dalam bidang pertanian dan peternakan dengan memproduksi pupuk marolis. Pupuk yang disediakan berupa pupuk organik cair dan nutrisi organik cair.


"Rumah produksi kita kapasitasnya itu 2000 liter dan kita sudah memproduksi 3 kali dalam satu tahun. Untuk perkembangannya kita sudah punya petani yang menggunakan pupuk kita sebanyak 60 hektar," terangnya, Ahad (13/2/2022).


CV NU Mandiri juga sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Jombang dengan ukuran sawah sebanyak 25 hektar, yakni 575 liter pupuk marolis.


"Kita juga sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Jombang sebanyak 575 liter," ungkapnya.


Tidak hanya di lingkup Jombang, pupuk marolis yang diproduksi oleh CV NU mandiri kini sudah melejit di luar Jawa, seperti di Sumatera Selatan yang melakukan kerja sama dengan CV NU mandiri sebanyak 11.000 liter per 1 tahun.


"Usaha CV NU Mandiri kini sudah mulai dipercaya di lingkup masyarakat, dan sudah terbukti menghasilkan. Seperti di Provinsi Sumatera Selatan ini kita akan menyuplai 11.000 Liter selama 1 satun," bebernya.  


Dalam kerja sama ini, CV NU Mandiri akan membeli hasil panen para petani yang sudah menggunakan pupuk marolis sesuai kesepakatan naik turunnya harga.


Sementara itu, Ketua PCNU Jombang KH M Salmanudin Yazid menyampaikan, keberadaan CV NU Mandiri adalah ikhtiar untuk meningkatkan kemandirian ekonomi jamiyah dan jamaah di sektor pertanian.


"Adanya BMTNU, deviden RSNU, dan sekarang ada CV NU Mandiri yang patut kita dukung penuh untuk kemandirian PCNU Jombang," jelasnya.


Menurut kiai yang lebih akrab dengan sapaan Gus Salman ini, PCNU Jombang berkomitmen mewujudkan kemandirian ekonomi di berbagai lini. Pasalnya, kemandirian ini akan menentukan masa depan organisasi lebih maju, dan jamaahnya kian sejahtera.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Mitra Terbaru