• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Mitra

Kian Dikenal Masyarakat, 7,5 Ton Beras CV NU Mandiri Jombang Dibeli Bank Gabah

Kian Dikenal Masyarakat, 7,5 Ton Beras CV NU Mandiri Jombang Dibeli Bank Gabah
Beras CV NU Mandiri Kabupaten Jombang yang dibeli Bank Gabah. (Foto: Dok CV NU Mandiri)
Beras CV NU Mandiri Kabupaten Jombang yang dibeli Bank Gabah. (Foto: Dok CV NU Mandiri)

NU Online Jombang, 
Masyarakat makin kenal dengan beras yang diproduksi CV NU Mandiri Kabupaten Jombang. Masyarakat di Kota Santri ini juga tak sedikit yang memilih membeli beras ke CV NU Mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Baik dalam partai besar maupun sekadar untuk kebutuhan pribadinya.


Bendahara CV NU Mandiri Jombang, H Suudi Anis menyampaikan, 7,5 ton beras CV NU Mandiri Sabtu (2/10/2021) dibeli Bank Gabah Jombang. Beras itu kemudian dikirim ke wilayah Kediri untuk kebutuhan suatu program.


"Beras dengan partai besar itu hasil kerja sama kami dengan Bank Gabah. Kami terbuka untuk pihak-pihak yang hendak kerja sama. Tentu kerja sama yang sehat sebagaimana prinsip bisnis pada umumnya," katanya.


Harga beras yang disepakati kedua belah pihak Rp8.200 per kilogram. Ini adalah harga yang cukup bersahabat atau ekonomis di lingkungan pasar. Bila dihitung secara keseluruhan, maka, ketemu angka Rp61.500.000.


Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jombang itu menegaskan, beras tersebut bukan beras dengan memakai pupuk organik cair (POC) marolis CV NU Mandiri. Kendati demikian, proses produksi beras itu melalui tangan para pengelola CV NU Mandiri.


"Bukan beras sehat marolis. Harga beras sehat marolis tentu tidak di angka itu. Kita berani menjual lebih mahal dari beras bisanya karena beras tersebut benar-benar sehat, bebas dari kimia," terangnya.


Sementara itu, Pendiri Bank Gabah, Dididik Firdiyanto menyampaikan alasan dirinya memilih CV NU Mandiri sebagai mitra. Menurutnya, Bank Gabah saat ini melayani permintaan beras dengan kuantiti yang cukup banyak, sehingga perlu berkolaborasi dengan pelaku agribisnis lainnya seperti CV NU Mandiri agar bisa memenuhi permintaan tersebut. 


"Kami ingin melakukan hal yang lebih kongkret untuk percepatan kemakmuran bersama," ungkapnya.


Ia meyakini kualitas beras dan harga yang bersahabat dengan pasar menjadi acuan pengelola CV NU Mandiri dalam memproduksi beras. Sehingga bisa bersaing degan unit usaha lainnya di sektor yang sama.


"Dengan pendampingan CV NU Mandiri di sektor produksi, kami percaya kualitas hasil panen petani bisa lebih baik dan itu yang kami butuhkan. Tentunya dengan harga yang kompetitif agar keuntungan bisa kita rasakan bersama," pungkasnya.


Sebagai informasi, CV NU Mandiri Jombang adalah salah satu unit usaha Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang yang dikelola oleh LPNU dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU). Konsentrasi dua lembaga ini selaras dengan bisnis pertanian.


Keberadaan CV NU Mandiri tersebut sebagai ikhtiar PCNU Jombang dalam menguatkan kemandirian jamiyah dan jamaah melalui pertanian.


Pewarta: Ahmad


Editor:

Mitra Terbaru