• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Tekad Sahrul Munir Bumikan Ajaran-ajaran NU di SMKNU 01 Jogoroto

Tekad Sahrul Munir Bumikan Ajaran-ajaran NU di SMKNU 01 Jogoroto

NU Jombang Online, 
Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama (SMKNU) 01 Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur memiliki kepala sekolah baru. Sahrul Munir secara resmi menggantikan Makhrus Ali sebagai kepala SMK milik NU ini.

Sebagai Kepala Sekolah baru, dirinya sudah memiliki upaya-upaya dalam membumikan nilai-nilai Ahlissunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah di lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Baginya, membumikan nilai dan ajaran NU harus menjadi hal yang utama. Segenap unsur lembaga sekolah, baik pendidik maupun siswa-siswi harus turut serta membesarkan NU.

"Program kami akan selalu dekat dengan kegiatan rutinitas NU yakni dengan mengundang badan otonom (Banom) NU di SMKNU sehingga mempunyai rasa memiliki," katanya kepada media ini, Kamis (18/7).

Ulama-ulama NU di masanya sudah demikian berjasa di sejumlah aspek. TudK terkecuali di dunia pendidikan. Untuk itu meneruskan perjuangannya menurut dia menjadi keniscayaan, bahkan kewajiban. 

"Mudah-mudahan dengan kami menjadi kepala sekolah di SMKNU 01 Jogoroto bisa meneruskan perjuangan pendiri NU melalui jalur pendidikan," ujarnya.

Pria yang juga Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mojowarno, Jombang ini sangat yakin, dengan segala potensi yang dimiliki SMKNU saat ini, lemabaga pendidikan ini akan terus berkembang. Ini dikarenakan adanya dukungan dari berbagai pihak, di antaranya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat melalui Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arifnya.

"SMKNU 01 Jombang dengan jurusan farmasi industri adalah satu-satunya SMK milik PC NU Jombang yang terletak di Jogoroto, dengan lokasi yang strategis. Dengan demikian kami berkewajiban untuk mendedikasikan diri untuk membesarkan SMKNU 01 Jombang ini," jelasnya.

Jurusan farmasi yang dikembangkan sekolah ini di Jombang masih cukup jarang. Padahal saat ini jurusan tersebut kian diminati masyarakat luas. 

"Untuk itu kami optimis ke depannya SMKNU 01 Jombang ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan diri di bidang kesehatan," jelas pria yang biasa disapa Munir ini.

Saat ini sudah ada banyak pihak yang sudah menjadi mitra SMKNU guna mengembangkan lembaga. Dari sekian mitra itu di anataranya adalah dalam bentuk penyediaan wadah atau lahan untuk bisa mempraktikkan pengetahuan sejumlah siswa-siswi secara langsung.

"Kerja sama kami dengan dunia industri alhamdulillah sudah ke Kediri, Kertosono, Malang, Jawa Tengah. Sehingga kami tidak kesulitan saat melaksanakan PKL untuk anak didik kami," ucapnya.

Ia kemudian menyebut beberapa pihak yang sudah menjalin MoU dengan SMKNU. Di antaranya PT. Phapros tbk (BUMN) Semarang, PT. Khitosindo (perushaan kosmetik) Mojokerto, PT. Sidojodo Mojokerto, Pj. SRI Cahyo Ny. Center Kertosono, UPT. Materia Medica Dinkes Provinsi Jawa Timur di Batu Malang. PT. Jayamas Medika Mojoagung (produsen alkes merk ONEMED). (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru