• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 3 Juli 2022

Daerah

Tanamkan Cinta Al-Qur'an sejak Dini, IPNU-IPPNU Tambakrejo Jombang Gelar Lomba MTQ

Tanamkan Cinta Al-Qur'an sejak Dini, IPNU-IPPNU Tambakrejo Jombang Gelar Lomba MTQ
Pemberian hadiah kepada peserta yang beruntung dalam lomba MTQ IPNU-IPPNU di Jombang. (Foto: Istimewa)
Pemberian hadiah kepada peserta yang beruntung dalam lomba MTQ IPNU-IPPNU di Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Dalam rangka memperingati Harlah Ke-99 Nahdhatul Ulama (NU), Harlah ke-68 Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Harlah ke-67 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang menggelar Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ).


Ketua PR IPNU Tambakrejo Muhammad Ali Aziz mengungkapkan, seleksi lomba MTQ l diikuti kurang lebih 56 peserta SD/MI se-Kabupaten Jombang dilakukan secara online pada tanggal 5-19 Maret. Adapun jurinya yaitu ustadz Aminuddin, M Aris Nur Fathoni dan M Addin Mustaqim menentukan 10 peserta yang lolos ke babak final.


"Mengapa kami gelar seleksi secara online, karena kondisi saat ini masih Covid-19 maka kami laksanakan seleksi secara online dan pada saat final baru secara offline di MTsN 3 Jombang, Jumat (25/3/2022). Dengan kriteria penilaian yang difokuskan kepada fasohah, tajwid, keindahan lagu, bacaan, serta adab," ungkap pria yang akrab disapa Aziz itu saat di hubungi NU Online Jombang.
 

Ia menjelaskan, selain untuk memeriahkan Harlah IPNU dan IPPNU, lomba MTQ ini digelar dengan tujuan agar juga menambah semangat para generasi muda pencinta Al-Qur'an.


"Lomba ini paling tidak nantinya sebagai upaya pembelajaran sejak dini agar selalu membiasakan diri membaca Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya. 


Aziz berharap, dengan diadakannya lomba MTQ nantinya semakin banyak para generasi bangsa yang cinta Al-Qur'an.


"Sehingga membaca Al-Qur'an menjadi sebuah kebutuhan dan bukan tuntutan, dengan begitu, Al-Qur'an akan dibaca dengan ikhlas semata-mata untuk mendapatkan keberkahan dari Allah swt," ujarnya.


Sementara hasil penilaian juri memutuskan, juara 1 diraih oleh M Arya Kanza Al Mansyuri, juara 2 diraih oleh M Syaikina indra Balya, juara 3 diraih oleh Shafna Iga Mawarni, sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Chilma Honest dan juara harapan 2 diraih oleh Raisa Azkia Anggraeni.


Daerah Terbaru