• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

Ngaji Modern, IPNU IPPNU Gunakan LCD Proyektor untuk Tafsir Al-Qur'an dan Kitab Jalalain

Ngaji Modern, IPNU IPPNU Gunakan LCD Proyektor untuk Tafsir Al-Qur'an dan Kitab Jalalain
Materi Tafsir Al-Qur'an oleh Ustadz Irmawan (Foto: Doc IPNU/IPPNU Mojowarno)
Materi Tafsir Al-Qur'an oleh Ustadz Irmawan (Foto: Doc IPNU/IPPNU Mojowarno)

NU Jombang Online,
Masih berada di tengah pandemi Covid-19, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Mojowarno menghilangkan kebosanan dengan Ngaji Bareng Rutin (Ngabarin) bersama Ustadz Irmawan. Agar tidak membosankan, metodenya bukan hanya lewat kitab saja melainkan LCD Proyektor lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Metode mengaji modern itu dianggap lebih efektif dan dapat diterima generasi muda dengan lebih baik.

Bertempat di rumah Ketua Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Mojowarno itu, pengajian kitab Tafsir Al-Qur'an telah dimulai sejak Selasa (03/08) setelah sholat Ashar berjama'ah.

Talitha Marsha selaku penanggung jawab menyampaikan, bahwa ngaji Tafsir Al-Qur'an itu dimulai dari surat Al-Fatihah, yang diawali dengan pembacaan Al-Qur'an oleh peserta. Setelah itu dimaknai dan ditafsikan per ayat.

"Walaupun bukan surat yang pertama kali diturunkan, namun di dalam Al-Qur'an, surat Al-Fatihah diletakkan di awal. Karena tanpa pembacaan surat Al-Fatihah, sholat yang dilaksanakan setiap hari tidak akan sah," terang gadis yang akrab disapa Marsha itu.

Marsha mengatakan, selain ngaji Tafsir Al-Qur'an, PR IPNU IPPNU Mojowarno juga akan mengadakan ngaji Tafsir Kitab Jalalain.

Tujuan ngaji Tafsir Al-Qur'an dan Kitab Jalalain ini adalah, untuk menambah wawasan dan pengetahuan kader IPNU-IPPNU.

"Selain menambah wawasan dan pengetahuan, ngaji Tafsir ini juga diharapkan mampu menyetak generasi muda yang berakhlakul karimah, serta paham dan bisa amalkan kitab," jelasnya.

Perlu diketahui, ngaji Tafsir Al-Qur'an dan Kitab Jalalain ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru