• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Anak-anak Bisa Khatamkan Al-Qur'an dengan Metode 'Follow the Line', Apa Itu?

Anak-anak Bisa Khatamkan Al-Qur'an dengan Metode 'Follow the Line', Apa Itu?
Kepala MI Umar Zahid, Solihin. (Foto: NU Jombang Online/Muhammad Fa'iz Hasan)
Kepala MI Umar Zahid, Solihin. (Foto: NU Jombang Online/Muhammad Fa'iz Hasan)

NU Jombang Online,
Follow the line merupakan sebuah metode untuk mengkhatamkan Al-Qur'an dengan menuliskannya mengikuti garis-garis yang sudah tersedia. Metode ini dinilai efektif bagi anak-anak yang sedang belajar membaca dan menulis Al-Qur'an.

Kutipannya Buku tersebut sempat dipromosikan juga oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada tahun 2014 silam. Penerapan metodenya baru dilakukan oleh Solihin (40) Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Umar Zahid Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Sabtu (6/3).

"Alkisah keinginan saya untuk menerapkan metode Al-Qur'an tulis ini sejak saya mengikuti event penulisan mushaf Al-Qur'an 30 juz pada tahun 2017 silam dengan berpikiran bahwa akan efektif untuk diterapkan kepada anak muda, tepatnya di daerah Jombang," ujarnya. 

Metode kepenulisannya harus dilakukan dengan latin dalam mengikuti garis-garisnya agar lebih paham dalam menuliskan Al-Qur'an dengan baik dan benar. Namun dikarenakan di tempat Solihin berbasis kepesantrenan, maka sistem kepenulisannya divariasi dengan menghafal secara perlahan dan mendasar.

"Langkah kepenulisannya diawali dari menulis surat-surat pendek dalam Al-Qur'an serta dengan menerima setoran hafalan dari kesadarannya masing-masing," ucapnya.

Lebih lanjut, ia bercerita bahwa penerapan motede tersebut dalam perjalanannya banyak diterima oleh masyarakat sekitar. Mayoritas mereka merasa selama diberlakukan metode tulis dan hafal Al-Qur'an tersebut anak-anaknya lebih produktif dan efektif dengan kegiatan di rumah.

Kontributor: Muhammad Fa'iz Hasan
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru