• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Serap Ilmu Jurnalistik, Peserta Makin Piawai Tulis Berita

Serap Ilmu Jurnalistik, Peserta Makin Piawai Tulis Berita
Pemateri Hari ketiga Madrasah Jurnalistik, Muhammad Syafi'i sedang menyampaikan teknik reportase di depan peserta (Foto: NU Jombang Online)
Pemateri Hari ketiga Madrasah Jurnalistik, Muhammad Syafi'i sedang menyampaikan teknik reportase di depan peserta (Foto: NU Jombang Online)

NU Jombang Online,
Tak hanya diberikan teknik reportase dan menulis berita, peserta juga diajak untuk berlatih menulis berita melalui contoh kasus yang diberikan oleh pemateri hari ketiga Madrasah Jurnalistik yang diadakan LTNNU dan Isnu, Muhammad Syafi’i di aula PCNU Jombang Sabtu (26/9). Semakin banyak ilmu jurnalistik yang diserap, peserta makin piawai menulis berita.

Syafi'i yang juga merupakan wartawan kompas itu mengajak peserta untuk menyusun rencana liputan dan daftar pertanyaan sebelum akhirnya meminta peserta melakukan praktik menulis berita. “Karena kita akan menulis untuk media online, berita yang disajikan tak harus panjang. Cukup beberapa paragraf singkat yang isinya sudah memenuhi unsur-unsur penting berita itu sendiri,” jelasnya.

Praktik menulis berita dipermudah dengan materi tambahan tentang teknik dan jenis wawancara yang disampaikan oleh Syafi’i. “Teknik wawancara ada yang dilakukan secara langsung (face to face) dengan narasumber, ada juga yang tidak langsung yakni melalui sambungan telepon, chatting atau Email melalui wawancara tertulis,” ungkapnya

Selain itu, lanjut dia, pentingnya menentukan narasumber primer dan sekunder dapat memperkaya berita yang akan disampaikan. “Ada beberapa jenis wawancara yang bisa dilakukan seorang wartawan, antara lain, wawancara cegat pintu, wawancara pribadi, wawancara jalanan, wawancara tertulis, wawancara eksklusif sampai wawancara berita,” paparnya.

Kontributor: Syahal

Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru