• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Rekrutmen Kader, PAC IPNU IPPNU Jombang Ingin Ciptakan Kreativitas dan Inovasi Baru

Rekrutmen Kader, PAC IPNU IPPNU Jombang Ingin Ciptakan Kreativitas dan Inovasi Baru
Rekrutmen PAC IPNU IPPNU Jombang (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani
Rekrutmen PAC IPNU IPPNU Jombang (Foto: NU Online Jombang/Ira Wahyu Wardhani

NU Online Jombang

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang mengadakan rekrutmen kader baru agar organisasi dapat bergerak lebih baik.

 

Aliffian Arif, Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan, dengan diadakannya rekrutmen ini pengurus PAC IPNU IPPNU Jombang yang baru diharapkan bisa bergerak lebih baik lagi sehingga bisa menjadi percontohan untuk ranting.

 

“PAC IPNU IPPNU di tahun kedua juga diharapkan bisa lebih memberdayakan ranting dan mengoptimalkan SDM (sumber daya manusia. Red) maupun SDA (sumber daya alam. Red) yang dimiliki,” ujarnya.

 

Eka Shasmita Devy, Ketua PAC IPPNU Jombang menyampaikan, rekrutmen ini dilatarbelakangi oleh momen evaluasi tahunan yang telah dilaksanakan PAC IPNU IPNNU Jombang sebelumnya.

 

“Kemajuan program kerja selama 1 tahun di evaluasi secara mendetail, kemudian dilakukan pengecekan saat rapat kerja (Raker). Ternyata masih banyak kekurangan-kekurangan yang terjadi sehingga perlu menjadi evaluasi di tahun kedua,” ungkapnya.

 

Ia menyampaikan, pada tahun sebelumnya rekrutmen pengurus PAC IPNU IPPNU Jombang dilakukan berdasarkan rekomendasi Ketua Ranting. Namun, untuk kesempatan ini langsung melihat orang-orang yang memiliki minat dan kesungguhan mendaftar di kepengurusan PAC IPNU IPPNU Jombang.

 

“Melihat adanya penambahan potensi yang kurang di IPNU IPPNU saat ini, akhirnya kita melakukan penyaringan yang lebih konkret dari keseluruhan total kader IPNU IPPNU se-kecamatan Jombang,” jelasnya.

 

Perempuan yang akrab disapa Shasmita ini mengatakan, potensi yang dimiliki kader PAC nantinya akan disesuaikan dan mendapatkan fasilitas khusus. Tidak hanya di PR, PK,PKPP namun dapat dikembangkan di PAC untuk mendapatkan pelatihan secara profesional. 

 

“Tidak ada kata-kata keegoisan untuk pengembangan pribadi. Harapan kami para kader yang akan diterima di struktural pengurus PAC memiliki kepedulian dan keinginan untuk saling membagikan ilmu yang dimiliki. Selain itu juga dapat saling mengajarkan serta mampu membawa kader PAC menjadi kader yang berpikiran maju," urainya.

 

Ia juga berharap kader-kader tersebut mampu menjadi pribadi yang out off the box dalam menciptakan kreativitas atau inovasi yang baru serta menjadi kader yang berani dan keren.

 

Ade Seilla Febrianti, Wakil ketua bidang Kaderisasi PAC IPPNU Jombang menuturkan, teknis kegiatan rekrutmen diawali dengan pendaftaran yang dipublikasikan melalui WhatsApp, Instagram dan media sosial lainnya. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses screening yang dilaksanakan di Kantor MWC NU Jombang.

 

“Untuk pendaftaran dilakukan dengan mengisi google form, serta menyertakan surat rekomendasi dari Pimpinan Ranting (PR) atau Pimpinan Komisariat (PK), maupun Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP),” jelasnya.

 

Sementara itu, Eka Afrida Nur Hanny, Wakil Ketua bidang keorganisasian PAC IPPNU Jombang mengharapkan, PAC IPNU IPPNU Jombang tahun ini dapat menyatukan visi misi serta tujuan bersama dan bisa lebih baik lagi. 

 

“Lebih banyak inovasi dalam program kerja dan mewadahi serta menjalankan seluruh aspirasi kader. Mampu menciptakan terobosan-terobosan baru untuk PAC IPNU IPPNU Jombang,” imbuhnya.

 

Selaras dengan itu, Muhammad Wildan Adzim, Ketua PAC IPNU Jombang mengatakan, rekrutmen ini diharapkan dapat membentuk kepengurusan aktif dan progresif yang siap berkomitmen dalam setiap kegiatan IPNU IPPNU di kecamatan Jombang khususnya.


Daerah Terbaru