• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Rakercab Pergunu Jombang Susun Aneka Program Prioritas

Rakercab Pergunu Jombang Susun Aneka Program Prioritas
Rakercab Pergunu Jombang. (Foto: Istimewa)
Rakercab Pergunu Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Jombang menyelenggarakan rapat kerja cabang (Rakercab) tahun 2022. Pada forum musyawarah ini sejumlah program prioritas dicanangkan.


Acara yang dihelat pada Sabtu (5/2/2022) di aula Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum, Mojosongo itu terbilang cukup khidmat, meskipun hujan tidak henti-hentinya membasahi halaman dan bibir gedung, nyatanya peserta Rakercab tetap hadir dan mengikuti kegiatan tersebut sampai dengan selesai.


Ketua PC Pergunu Jombang H S Arifin  dalam sambutannya menjelaskan bahwa di akhir tahun masa khidmah perlu diprioritaskan program-program kaderisasi seperti PKP-Pergunu dengan tidak mengesampingkan program-program prioritas di masing-masing departemen lainya, karena hanya dengan kaderisasi yang berjalan dengan intensif, kader-kader muda Pergunu akan tumbuh subur, sehingga regenerasi kepengurusan Pergunu baik di ranting, PAC, maupun di PC sendiri akan berjalan secara masif.


“Dalam Raker tahun 2022 ini kami ingin memprioritaskan program-program kaderisasi seperti PKP-Pergunu, sehingga regenerasi kepengurusan di setiap tingkatan bisa berjalan dengan efektif, ini semua dalam rangka untuk mempersiapkan regenerasi pada Konfercab Pergunu yang akan dilaksanakan pada tahun Oktober tahun 2022 ini," jelasnya.
 

Di samping itu, program lain yang menjadi prioritas Pergunu di Kota Santri ini di antaranya pendirian koperasi Pergunu dijadwalkan pada Maret 2022, konsolidasi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pergunu se-Jombang dijadwalkan juga di bulan Maret 2022, PKP-Pergunu dijadwalkan di Bulan Mei 2022, Turba PAC di bulan Juli 2022, dan lain sebagainya.


Munculnya aneka program di atas setelah pengurus mengevaluasi sejumlah program yang dicanangkan pada tahun sebelumnya sekaligus menganalisa kebutuhan program di tahun 2022 ini.


“Program-program prioritas tahun 2022 yang telah kita bahas dan disahkan tersebut wajib kita laksanakan sebagai wujud tanggung jawab pengurus cabang dan untuk menjaga marwah PC Pergunu Jombang,” jelas Sukardiono, presidium sidang Rakercab.  


Terkait pendirian koperasi, Sekretaris PC Pergunu Jombang, HM Shobih menyampaikan, bahwa hal itu adalah ikhtiar membangun kemandirian organisasi. Karenanya, memerlukan perhatian khusus terutama stimulasi pendanaan, sehingga bisa sesegera mungkin mengadakan rapat anggota guna pengurusan legal formal koperasi.


“Kalau dimungkinkan, stimulasi pendanaan koperasi Pergunu itu perlu segera direalisasikan supaya bisa segera mengadakan rapat anggota dan pengurusan legal formal koperasi," jelasnya.


Sejumlah program prioritas tersebut sifatnya tidak mengganti semua program yang sudah direncanakan di tahun sebelumnya. Beberapa program yang berkesinambungan dan dilakukan di tahun 2021, tetap masih menjadi perhatian di tahun 2022 ini. Misalnya, kajian Aswaja, pelatihan literasi guru, input data Simas Pergunu, cetak KTA Pergunu. Program-program ini tetap harus dilaksanakan karena menjadi kebutuhan dasar.


Kontributor: AS Allibasa
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru