• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Daerah

PRNU Bulurejo Ziarah Makam Wali Gratis setelah Jadi Nasabah di BMT NU Diwek, Begini Caranya

PRNU Bulurejo Ziarah Makam Wali Gratis setelah Jadi Nasabah di BMT NU Diwek, Begini Caranya
Para Pengurus Ranting NU Bulurejo, Diwek, Jombang hendak berziarah ke makam para wali di Jawa Timur, Ahad (25/2/2024). (Foto: Tebuireng Online)
Para Pengurus Ranting NU Bulurejo, Diwek, Jombang hendak berziarah ke makam para wali di Jawa Timur, Ahad (25/2/2024). (Foto: Tebuireng Online)

NU Online Jombang, 
Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Bulurejo Kedaton bersama pengelola Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Cabang Diwek, Kabupaten Jombang mengadakan ziarah ke makam para wali, Ahad (25/02/2024), bertepatan dengan peringatan nisfu Sya'ban. Ziarah 

 

Makam yang dituju dalam ziarah ini di antaranya ialah makam Syaikhona Kholil Bangkalan, makam Sunan Ampel Surabaya dan makam Mbah Ali Masud Sidoarjo.


Kegiatan ini merupakan rangkaian program rihlah PRNU Bulurejo Kedaton yang telah direncanakan setelah pelantikan pada bulan September 2021 lalu, namun baru terlaksana pada Februari 2024. Kendati demikian, PRNU Bulurejo Kedaton dan warga Nahdliyin sangat antusias mengikuti rihlah ini.


Pimpinan Cabang BMT NU Cabang Diwek, Imam Khoerul Shodiqin menjelaskan bagaimana strategi yang dilakukan oleh Pengurus Ranting NU Bulurejo Kedaton, sehingga kegiatan ziarah dapat terlaksana secara gratis dan terfasilitasi dengan baik.


"Ranting NU Bulurejo ini mempunyai trik dan strategi sendiri agar bisa mendanai kegiatan NU, trik tersebut adalah dengan mengikutkan seluruh pengurus ranting menjadi anggota BMT NU Diwek. Setelah itu, dari sejumlah anggota tersebut disepakati bahwa hasil SHU nantinya akan dimasukkan ke kas ranting," jelasnya.

 
"Alhamdulillah tidak kurang dari 5 juta rupiah SHU (Sisa Hasil Usaha) yang setiap tahunnya dapat masuk ke kas ranting, sehingga dapat dimanfaatkan  untuk sejumlah kegiatan Ranting, termasuk ziarah hari ini," lanjutnya.


Pria yang juga pengurus NU di Bulurejo ini menyebutkan bahwa dengan cara ini, ada banyak manfaat yang dapat diambil untuk kemajuan Ranting, salah satunya ialah dapat melaksanakan program papanisasi masjid dan mushala yang ada di ranting. 


"Semoga trik ini bisa dijadikan sebagai pilot project dan percontohan untuk ranting-ranting NU yang lain. kiranya kita masih ingat dengan kata-kata bijak KH Hasyim Muzadi yang menyampaikan bahwa hiduplah NU dan jangan mencari penghidupan di NU," tambahnya.


Daerah Terbaru