• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

LP Ma'arif NU Jombang Bagikan Beasiswa Yatim-Dhuafa dan Insentif Guru

LP Ma'arif NU Jombang Bagikan Beasiswa Yatim-Dhuafa dan Insentif Guru
Launching GSM (Gerakan Siswa Manteb) di MI Madinatul Ulum, Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Rohmadi)
Launching GSM (Gerakan Siswa Manteb) di MI Madinatul Ulum, Desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Rohmadi)

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (PC LP) Ma'arif NU Kabupaten Jombang melalui Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) berikan beasiswa kepada anak yatim dan dhuafa serta bantuan insentif kepada guru madrasah honorer di seluruh madrasah binaan LP Ma'arif NU se-Kecamatan Jombang. Program tersebut diluncurkan oleh ketua PC LP Ma'arif NU Jombang, Nur Khojin di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madinatul Ulum, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang, pada Rabu (11/11).

Dzulkhoiri, Ketua JPZIS Jombang mengatakan,  kegiatan ini merupakan launching GSM (Gerakan Siswa Manteb). Ini adalah program beasiswa yang diberikan kepada siswa yatim dhuafa. Selain itu, pihaknya juga memberikan insentif kepada guru madrasah honorer di lingkungan Ma'arif.

"Langkah ini bertujuan memberikan pendidikan karakter terhadap siswa untuk peduli dan memiliki empati terhadap teman dan lingkungan sekitar yang nasibnya tidak beruntung seperti mereka,” ungkapnya.

Pemberian beasiswa dan insentif tersebut diberikan kepada 1 orang siswa dan 1 orang guru di setiap kecamatan dengan orang yang berbeda di setiap bulannya. Sebab, menurut dia, uang yang diberikan tersebut adalah hasil dari open donasi yang dibuat oleh JPZIS dan kas.

"Syarat siswa yang tidak mampu atau yatim dhuafa untuk mendapatkan beasiswa tersebut kami serahkan kepada MWC LP Ma'arif. Sedangkan, untuk guru kami serahkan ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang memilihnya," jelasnya.

Dzulkhoiri berharap, gerakan ini mampu memberi manfaat dan membantu penerimanya. Selain itu, ia juga menginginkan kegiatan ini dapat mendorong setiap elemen masyarakat untuk terbuka hatinya dan empati kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga bermanfaat, serta bisa mendorong bagi masyarakat untuk empati kepada sesama," pungkasnya.

Pewarta: Rohmadi
Editor: Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru