• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Nabung di BMT NU Jombang, Siswa Mampu Atur Biaya Pendidikan

Nabung di BMT NU Jombang, Siswa Mampu Atur Biaya Pendidikan
Siswa menerima buku tabungan pendidikan dari BMT NU Cabang Jombang Kota. (Foto: BMT NU Cabang Jombang Kota)
Siswa menerima buku tabungan pendidikan dari BMT NU Cabang Jombang Kota. (Foto: BMT NU Cabang Jombang Kota)

NU Online Jombang,
Pendidikan adalah hal yang sangat penting, namun untuk mengenyam pendidikan tentu diperlukan biaya yang tidak sedikit. Menyikapi hal tersebut, BMT NU Jombang tawarkan solusi cerdas berupa tabungan pendidikan untuk para siswa.


Tabungan pendidikan ini bukanlah produk baru yang dikeluarkan oleh BMT NU Jombang. Nyatanya, tabungan pendidikan telah berjalan 2 tahun lamanya.


"2 tahun lalu ketika baru dibuka, tabungan pendidikan masih menggunakan model tabungan biasa dengan tulisan tangan. Alhamdulillah sekarang telah bertransformasi menjadi tabungan seperti sistem perbankan pada umumnya," terang Afriza Romadhon, staff marketing BMT NU Cabang Jombang Kota kepada NU Online Jombang, Selasa (14/5/2024).


Bentuk tabungan yang kekinian ini sangat menarik di mata siswa, khususnya tingkat sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Sehingga siswa akan lebih semangat menabung untuk memenuhi biaya dan kebutuhan pendidikannya di kemudian hari.


Tak seperti tabungan pada umumnya, tabungan pendidikan hanya bisa digunakan untuk keperluan pendidikan meliputi pembiayaan SPP, pembelian buku pelajaran di sekolah, kebutuhan ujian, serta penunjang kegiatan sekolah seperti kegiatan rekreasi maupun study tour.


"Namanya tabungan pendidikan, pasti tidak dapat dicairkan untuk kebutuhan selain pendidikan, jadi besar harapan kami  tabungan ini dapat membantu orang tua untuk mencukupi kebutuhan pendidikan anak," ungkapnya.


Afriza juga menuturkan, saat ini terhitung sudah 5 madrasah yang mempercayakan tabungan pendidikan siswanya kepada BMT NU Cabang Jombang Kota. Kelima madrasah ini merasa tabungan pendidikan BMT NU lebih praktis dibanding tabungan yang umumnya diatur oleh dewan guru sendiri.


"Wali kelas cukup mendata siapa saja siswa yang hendak membuka tabungan pendidikan, kemudian konfirmasi ke BMT NU untuk dibuatkan buku tabungan. Selanjutnya wali kelas hanya perlu mengedarkan buku tabungan ke siswa, tanpa mencatat di buku."


Kelebihan lain dari tabungan pendidikan BMT NU ialah minimal uang yang ditabung sangat rendah, sehingga tidak memberatkan siswa dan orang tua. "Dengan 2 ribu rupiah saja, siswa sudah bisa membuka tabungan pendidikan di BMT NU Cabang Jombang," sambungnya. 


Editor:

Daerah Terbaru