• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Ketua LTMNU Jombang Tegaskan Menyembelih Hewan Kurban Sarat Tanggung Jawab

Ketua LTMNU Jombang Tegaskan Menyembelih Hewan Kurban Sarat Tanggung Jawab
Workshop penyembelihan hewan kurban diselenggarakan LTMNU, IAIBAFA, dan Juleha. (Foto: Istimewa)
Workshop penyembelihan hewan kurban diselenggarakan LTMNU, IAIBAFA, dan Juleha. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Dalam rangka persiapan Idul Adha 1443 hijriah, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jombang bersama Institut Agama Islam Bani Fattah (IAIBAFA) dan Juru Sembelih Halal (Juleha) mengadakan workshop penyembelihan hewan kurban, Ahad  (3/7/2022). Kegiatan dipusatkan di kampus IAIBAFA, Tambakberas, Jombang.


Moh Makmun, Ketua PC LTMNU Jombang mengungkapkan, workshop tersebut merupakan sinergi antara ketiga pihak sebagaimana disebutkan di atas. 


"Saya pribadi menyampaikan tentang fiqih penyembelihan dan fiqih kurban. Sedangkan kiai Jabbar Hubby selaku pembina Juleha menyampaikan materi tentang teknik handling dan teknik penyembelihan," ungkap Makmun kepada NU Online Jombang.


Makmun mengatakan bahwa dalam fiqih kurban juga dijelaskan tentang hukum kurban adalah sunnah muakkad dan tertuju kepada orang yang mampu.


"Sebanyak 100 takmir masjid dan mushala se-Jombang hadir dalam acara ini. Mereka sangat antusias sekali, dilihat dari banyak sekali yang bertanya seputar kurban dan penyembelihan," katanya. 


Dalam workshop penyembelihan hewan itu, PC LTMNU Jombang berharap para peserta untuk bisa mengimplentasikan mengenai aturan-aturan dalam fiqih kurban dan penyembelihan.


Menurut Makmun, menyembelih hewan kurban tidak sebatas hanya tentang memotong saja, tapi pertanggungjawabannya begitu besar.


"Karena sembelihan itu sah atau tidak, sembelihan itu ihsan terhadap hewan kurban atau tidak," tambahnya.


Berbuat baik pada hewan kurban tidak saja pada saat penyembelihan saja, tapi juga sebelum menyembelih.


"Seperti tidak mengasah di depan hewan kurban, memperlakukannya dengan baik, dan lain-lain," pungkasnya.


Daerah Terbaru