• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Daerah

Ini Rangkaian Kegiatan Haul Ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah

Ini Rangkaian Kegiatan Haul Ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah
Para santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang ikut memeriahkan Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah di pesantren setempat. (Foto: Tambakberas TV)
Para santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang ikut memeriahkan Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah di pesantren setempat. (Foto: Tambakberas TV)

NU Online Jombang,
Peringatan Haul ke-52 KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur dirangkai dengan beberapa kegiatan. Dimulai dari manaqib kubro, Senin (29/5/2023), dilanjut dengan santunan anak-anak yatim dan festival hadrah, Selasa (30/5/2023), kemudian ditutup dengan khatmil Qur’an dan pengajian umum pada Rabu malam (31/5/2023).


Putra KH Abdul Wahab Chasbullah, KH Hasib Wahab berterima kasih kepada sejumlah elemen masyarakat yang setiap tahun ikut serta mendukung dan menyukseskan Haul KH Abdul Wahab Chasbullah. Haul kali ini menurutnya tentu lebih meriah ditandai dengan antusiasme masyarakat yang hadir karena tidak ada lagi Covid-19.


"Atas nama keluarga besar KH Abdul Wahab Chasbullah menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran bapak-bapak, ibu-ibu," katanya, Rabu malam (31/5/2023).


Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini juga minta doa kepada segenap hadirin agar bisa selalu menebar kemanfaatan dan memperjuangkan ajaran-ajaran Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah.


"Mudah-mudahan kita ini bisa berbuat lebih banyak lagi bersama-sama tokoh tokoh NU memperjuangkan Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah. Amin," ucapnya.


Sementara itu, Putri KH Abdul Wahab Chasbullah, Nyai Hj Mundjidah Wahab menyampaikan, pentingnya Haul para ulama pejuang terus diperingati di tengah masyarakat. Haul menjadi perantara generasi bangsa saat ini menumbuhkan spirit perjuangannya untuk membangun agama dan negeri laiknya tokoh-tokoh ulama pendahulu.


"Dengan Haul Mbah Wahab ini, kita mengingat kembali saat-saat NU mulai didirikan, saat-saat santri Mbah Wahab mengikuti jejaknya. Mudah-mudahan mendapatkan berkahnya dan rahmatan Allah swt," jelas bupati Jombang ini.


KH Abdul Wahab Chasbullah adalah ulama yang sarat perjuangan. Selain menjadi salah satu pendiri NU, Mbah Wahab juga dikenal sebagai sosok yang aktif menggerakkan NU, memastikan kiprah NU bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Tak berhenti di situ, Mbah Wahab juga punya peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.


Nyai Hj Mundjidah berharap, warga NU termasuk para santri Tambakberas khususnya dapat meneladani berbagai perjuangan Mbah Wahab tersebut. Keberadaan santri menurutnya hari ini punya andil besar untuk membangun bangsa dan negeri lebih maju pada masa mendatang.

 
"Semoga kita semua dapat meneruskan semangat kita sebagai generasi muda yang hari ini sedang menimba ilmu di pesantren menjadi penerus KH Abdul Wahab Chasbullah," harapnya. 


Daerah Terbaru