• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Haul Ke-51 KH Wahab Chasbullah Dibuka dengan Manaqib Kubro

Haul Ke-51 KH Wahab Chasbullah Dibuka dengan Manaqib Kubro
Haul ke 51 Mbah Wahab (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)
Haul ke 51 Mbah Wahab (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Jamaah Manaqib Jawahirul Ma'ani bersama masyarakat padati makam KH Wahab Chasbullah di Tambakberas Jombang, Kamis (9/6/2022). Hal itu dalam rangka memperingati haul KH Wahab Chasbullah (Mbah Wahab) yang ke 51.

 

Putri KH Abdullah Wahab Chasbullah, Hj Munjidah Wahab dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran jamaah manaqib jawahirul ma'ani dan seluruh masyarakat.

 

"Sekali lagi terimakasih, semoga bacaan manaqib ini memperoleh keberkahan," ungkap orang nomer satu di Jombang ini.

 

Menurutnya, peringatan haul itu akan diselanggarakan selama 3 hari dan hari ini dibuka dengan Manaqib Kubro oleh Jamaah Manaqib Jawahirul Ma'ani Jombang.

 

"Besok dan lusa akan dilanjutkan khatmil Qur'an dan pengajian umum," tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua umum Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, KH Wafiyul Ahdi, memaparkan bahwa manaqib merupakan wujud cinta pada Ulama, Syech Abdul Qodir Al Jailani dan Rasulullah SAW.

 

"Inilah wujud cinta kita pada Ulama yang dalam hal ini manaqib kita hadiahkan kepada Mbah Wahab," ujar pria yang akrab disapa Gus Wafi ini.

 

Lebih lanjut Gus Wafi mengatakan, sebenarnya kita bisa membaca manaqib sendiri. Tetapi berbeda rasanya ketika dilakukan secara berjamaah apalagi di makam orang yang dihadiahkan.

 

Gus Wafi menambahkan, barang siapa yang merindukan orang shaleh dan menyebutnya, Allah akan memberikan RahmatNya.

 

Dikisahkan, orang badui yang mendatangi makam Rasulullah dengan membaca Shalawat Nabi, maka Allah akan mengampuni dosa orang itu.

 

"Janji Allah adalah, berkah dari Shalawat adalah dosa kita diampuni. Sementara berkah manaqib, sebab cinta kita pada Syech Abdul Qodir Al Jailani dan Kanjeng Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam. Semoga apa yang kita baca secara berjamaah melalui manaqib dan shalawat nabi ini bisa tembus kepada hajat kita, khususnya hadiah kepada Mbah Wahab," pungkasnya.


Daerah Terbaru