• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Ini Kata Kunci Visi Misi Haidar dalam Pemilihan Ketua Umum PP IPNU

Ini Kata Kunci Visi Misi Haidar dalam Pemilihan Ketua Umum PP IPNU
Foto : Muhammad Haidar, Calon Ketua Umum IPNU Asal Jombang (Hasil Tangkapan Layar)
Foto : Muhammad Haidar, Calon Ketua Umum IPNU Asal Jombang (Hasil Tangkapan Layar)

NU Online Jombang,

Panitia Kongres XX Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) menggelar debat calon ketua umum PP IPNU masa khidmah 2022-2025 di Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Lantai 5, Jakarta, pada Kamis (14/04/2022).

 

Debat tersebut mempertemukan 6 calon ketua umum PP IPNU yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Panitia Kongres XX IPNU Nomor: 042/Kongres/IPNU/XX/2022 pada Jum'at (08/04/2022) lalu. 

 

Salah satu calon ketua umum PP IPNU, Muhammad Ishomuddin Haidar asal Jombang mengutarakan visi misi yang akan digagas selama periode kepengurusan jika dirinya terpilih. 

 

IPNU Shaping The Future menjadi kata kunci dalam pemaparan visi misinya. 

 

"Hari ini, IPNU sebagai organisasi pelajar yang paling besar di seluruh dunia harus punya andil besar. Harus berani tetapi harus juga aktif dan siap untuk mengambil peran dalam kerja-kerja peradaban yang akan datang. Karena dengan begitu, IPNU akan menjadi miniatur masa depan yang anggota dan kadernya bisa survive. Selain itu, juga mampu berkolaborasi untuk memenangkan kompetisi-kompetisi yang akan datang," ungkapnya.

 

Maka dari itu, ia mengajak seluruh kader IPNU untuk BERAKSI. B yang dimaksud di dalamnya adalah memperkuat budaya literasi. Baik itu literasi digital maupun literasi baca dan literasi tulis yang nantinya akan dimanfaatkan untuk banyak hal.

 

"E yang dimaksud di sini adalah Ekspansi. IPNU hari ini harus mulai menularkan ide-ide. IPNU harus mengekspor gagasannya ke ekspansi yang lebih luas lagi dengan hadir di forum-forum internasional. Sehingga, IPNU akan semakin mendunia," tambahnya.

 

Sementara itu R artinya Responsif. Hari ini perubahan kian cepat. Maka dari itu Haidar mendorong kader-kader IPNU untuk segera merespon sinyal-sinyal perubahan agar tidak tertinggal.

 

"Setelah itu A atau Apresiasi. Jika saya terpilih, maka saya akan menyiapkan panggung panggung apresiasi untuk para kader yang berprestasi. Nah hal ini juga berkaitan dengan K atau karakter. Bagaimana nanti di kepengurusan saya, saya akan menguatkan karakter dengan mengembalikan IPNU pada budaya pesantren," paparnya.

 

Haidar menilai IPNU harus skillful dan segera melakukan up skilling sehingga bisa move on dari low skill menjadi high skill.

 

Terakhir, Haidar menekankan IPNU untuk Inklusif. IPNU harus menjadi organisasi yang ramah di sekolah, pesantren dan juga perguruan tinggi.


Daerah Terbaru