• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 5 Februari 2023

Daerah

Hari Guru Nasional, Siswa MI Umar Zahid Semelo Gelar Pentas Seni

Hari Guru Nasional, Siswa MI Umar Zahid Semelo Gelar Pentas Seni
Pentas seni yang diadakan MI Umar Zahid Semelo dalam rangka hari Guru Nasional, Jumat (25/11/2022) (Foto: NU Online Jombang/Riza)
Pentas seni yang diadakan MI Umar Zahid Semelo dalam rangka hari Guru Nasional, Jumat (25/11/2022) (Foto: NU Online Jombang/Riza)

NU Online Jombang,

Keluarga besar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Umar Zahid, Semelo memperingati Hari Guru Nasional dengan cara menggelar pentas seni di Aula Madrasah. Pentas seni yang ditampilkan merupakan hasil karya siswa-siswi MI Umar Zahid Semelo.

 

"Pentas seni hari ini merupakan ajang kreasi siswa. Ada yang menampilkan tari-tarian tradisional bernuansa islami, ada yang menyanyi, bershalawat dan juga puisi," tutur Solikin, Kepala Madrasah. 

 

Menurutnya, dalam pentas seni kali ini, semua bersemangat dan memberikan penampilan terbaiknya. Sebab, nantinya di akhir acara, akan diambil juara 1, 2 dan 3.

 

Sebelum pentas seni dilangsungkan, seluruh siswa dan guru melakukan pembacaan tahlil dan doa yang dikhususkan untuk seluruh guru bangsa.

 

"Ini sebagai wujud tawadhu' dan takdzim kami dalam mengenang jasa guru-guru kami. Kami hadiahkan pembacaan tahlil dan doa bersama sebelum memulai kegiatan. Meskipun dalam pembiasaan sehari-hari itu sudah ada, tetapi hari ini lebih spesial karena dalam rangka hari guru Nasional," terang Solikin.

 

Peringatan hari Guru Nasional, lanjut dia, tidak hanya sebatas pemberian kado dari siswa untuk guru namun harus lebih mendalam lagi. Seperti, meneladani sikap yang ada pada Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari. 

 

"Beliau merupakan guru besar bangsa yang juga merupakan murid dari KH Kholil Bangkalan. Ketika beliau menjadi murid, beliau begitu tawadhu' bahkan dalam sebuah kisah, beliau mau mengambilkan cincin pernikahan yang berada di tengah kotoran. Semoga siswa-siswi sekarang mampu meneladani sikap dari Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari," papar pria yang juga merupakan Koordinator Wilayah Bandarkedungmulyo Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jombang.

 

Sementara itu, Raras, siswa kelas 6 MI Umar Zahid Semelo mengatakan, sangat senang dan bersemangat mengikuti pentas seni karena bisa menampilkan karya terbaik.

 

"Acara hari ini sangat menyenangkan. Kami bisa berkreasi dan menampilkan karya terbaik kami, walaupun harus berlatih dalam waktu yang singkat. Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Ibu guru karena telah memberikan wadah kreasi kepada kami," ucap Raras.


Daerah Terbaru