• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Daerah

Wakili Jombang di Tingkat Provinsi, MI Umar Zahid Semelo Raih Juara 3 Syarhil Qur'an

Wakili Jombang di Tingkat Provinsi, MI Umar Zahid Semelo Raih Juara 3 Syarhil Qur'an
MI Umar Zahid Semelo yang memenangkan juara 3 lomba Syarhil Quran di tingkat Provinsi (Foto: Dok MI Umar Zahid)
MI Umar Zahid Semelo yang memenangkan juara 3 lomba Syarhil Quran di tingkat Provinsi (Foto: Dok MI Umar Zahid)

NU Online Jombang,

Mewakili Jombang, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Umar Zahid Semelo berhasil mendapat juara 3 lomba Syarhil Qur'an tingkat Jawa Timur. Lomba tersebut diadakan Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur bekerjasama dengan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

 

Serangkaian lomba diadakan dalam rangka memperingati hari buku Nasional. Lomba-lomba tersebut diperuntukkan bagi siswa mulai tingkat RA (Raudhatul Athfal) hingga tingkat Madrasah Aliyah (MA) se-Jawa Timur. Lomba tersebut meliputi puisi, akustik, mewarnai, banjari hingga Syarhil Qur'an berlangsung di Maspion Square Surabaya.

 

"Kebetulan, delegasi kami menampilkan Syarhil Qur'an. Lomba ini terbilang baru di lingkungan kami. Karena, kami harus menyeimbangkan antara qori'ah, penerjemahannya serta pensyarahnya. Biasanya kan lomba itu sendiri hanya Qori'ah saja," jelas Solikin, Kepala MI Umar Zahid Semelo.

 

Menurut Solikin, dalam Syarhil Qur'an terdapat 3 orang dalam satu tim yang ikut lomba. Anak pertama fokus pada qori'ahnya, kemudian anak kedua fokus pada penerjemahannya dan anak yang ketiga fokus pada pensyarahnya.

 

Lomba yang diadakan oleh LP Ma'arif NU Jawa Timur ini dimulai sejak tanggal 17 hingga 22 Mei 2022 dan diikuti oleh seluruh peserta dari Jawa Timur.

 

"Kami berusaha menampilkan penampilan yang paling maksimal, mengingat acara ini acara besar. Syukur Alhamdulillah Madrasah kami masih dipercaya mendapatkan juara 3 lomba Syarhil Qur'an pada Jumat tanggal 20 Mei 2022," ujar Solikin.

 

Ia menambahkan, menjadi juara 3 pada kesempatan ini tidak membuat pihaknya berbangga hati saja melainkan terus berharap semoga kedepannya lebih baik lagi.

 

"Ke depan, kami akan selalu berusaha menjadi madrasah yang bisa bersinergi manfaati, mbarokahi. Kami akan terus memperbaiki kualitas siswa termasuk dalam proses pembinaannya," tambahnya.


Daerah Terbaru