• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Daerah

Gedung dan Monumen Baru, PAC Pagar Nusa Diwek Makin Giat Berkhidmah

Gedung dan Monumen Baru, PAC Pagar Nusa Diwek Makin Giat Berkhidmah
PAC Pagar Nusa Diwek Miliki Gedung dan Monumen Baru (Foto : NU Online/Karimatul Maslahah)
PAC Pagar Nusa Diwek Miliki Gedung dan Monumen Baru (Foto : NU Online/Karimatul Maslahah)

NU Online Jombang

Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa (PN) Kecamatan Diwek kini memiliki monumen dan gedung baru yang terletak di Desa Jatirejo Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.

 

لاغالب الا بالله

Yang artinya, “Tidak ada kemenangan kecuali dengan pertolongan Allah SWT." Hal inilah yang tercantum di monumen Pagar Nusa. Kalimat tersebut menjadi ciri khas dan salah satu pegangan bagi seorang pendekar Pagar Nusa.

 

Anwar, Ketua PAC PN Diwek mengatakan, adanya monumen dan gedung yang berdiri di PAC Diwek ini dapat memudahkan kegiatan-kegiatan bagi para pendekar Pagar Nusa. 

 

"Salah satu tujuan didirikan gedung ini supaya kita bisa mudah untuk berkumpul dalam segala kegiatan, baik itu latihan rutin maupun kegiatan ujian kenaikan tingkat bagi para pendekar pagar nusa," ujarnya saat ditemui NU Online Jombang (20/11/21).

 

Ia menambahkan, gedung tersebut bukan hanya untuk pendekar PN saja, tetapi juga untuk menopang segala bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh badan otonom (Banom) NU.

 

"Gedung ini juga bisa digunakan untuk acara saudara-saudara kita yang masih satu Banom NU. Seperti kemarin pernah digunakan untuk kegiatan teman-teman PMII dari Universitas Hasyim Asy'ari," tambahnya.

 

Harapannya, dengan adanya monumen dan gedung Pagar Nusa di PAC diwek tersebut, dapat meningkatkan kegigihan latihan para pendekar Pagar Nusa untuk berkhidmah di NU. 

 

"Harapan saya, adanya monumen dan gedung baru ini para pendekar pagar nusa lebih giat dan semangat untuk khidmah demi menjaga para ulama dan bangsa ini," pungkasnya.

 

Kontributor : Karimatul Maslahah

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru