• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Fatayat Bersih : Peduli Kebersihan dengan Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik

Fatayat Bersih : Peduli Kebersihan dengan Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik
Fatayat NU Jombang
Fatayat NU Jombang

NU Online Jombang,

Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul ulama (NU) Jombang kota launching program FATAYAT BERSIH guna menumbuhkan kepedulian akan kebersihan lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

 

Ketua PAC Fatayat NU Jombang, Hj Muhimmah falasifah, Fatayat bersih merupakan program dari bidang kesehatan dimana organisasi perempuan itu memanfaatkan penggunaan kantong yang ramah lingkungan dan bisa digunakan berulang-ulang.

 

"Kami imbau semua kegiatan di ranting sampai kecamatan menggunakan kantong atau tas yang ramah lingkungan berupa kain ataupun kertas," jelas Ning Iif sapaan akrabnya.

 

Ning Iif mangatakan, berdasarkan data dari kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia menduduki negara kedua penyumbang sampah terbanyak setelah negara Tiongkok. Sementara, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mencatat jumlah rata-rata produksi sampah plastik diseluruh dunia mencapai 460.000.000 ton sampah.

 

"Problemnya adalah, dari jumlah sampah plastik itu yang bisa didaur ulang hanya 9% nya," katanya kepada NU Online Jombang, Senin (19/9/2022).

 

Oleh karenanya, lanjut Ning Iif, PAC Fatayat NU Jombang turut andil dalam mengurangi penggunaan sampah plastik ketika berkegiatan. Karena, fokus utama program Fatayat NU adalah ketika ada kegiatan bazar, diba' kubro, atau kegiatan rutinan. 

 

"Mulai saat ini dan seterusnya kami tidak menyediakan kantong plastik. Sahabat-sahabat bisa membawa kantong ramah lingkungan sendiri dari rumah atau membeli kantongnya di PAC," terangnya.

 

Ia menambahkan, dengan adanya gerakan sederhana ini bisa membantu negara Indonesia dalam mengatasi masalah sampah plastik. Gerakan ini dimulai dari para kader Fatayat NU dalam menumbuhkan kepeduliannya terhadap lingkungan dan mengetahui bahaya limbah sampah plastik .

 

"Harapan untuk pemerintah tentang sikap kita terhadap sampah plastik yaitu reduce, reuse, dan recycle bisa kita laksanakan meskipun hanya salah satunya," pungkasnya.


Daerah Terbaru