• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Amaliyah NU

Selama Ramadhan, Pesantren Al-Ghozali Tambakberas Kaji Tafsir Yasin

Selama Ramadhan, Pesantren Al-Ghozali Tambakberas Kaji Tafsir Yasin

NU Jombang Online,
Selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah, Pondok Pesantren Al-Ghozali Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur rutin kaji tafsir Yasin karya Syekh Hamami Zadah. Kajian berlangsung setiap usai melaksanakan shalat Subuh.

Kajian dipimpin langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ghozali, H Jauharuddin Al-Fatich, dan diikuti oleh sejumlah santri di pesantren ini.

"Kita siarkan langsung melalui fanpage Facebook Alghozali Tambakberas dan Instagram alghozalibu juga," kata salah seorang santri Al-Ghozali, Syafi'udin, Rabu (8/5).

Ia menjelaskan terkait alasan kenapa para santri harus mengkaji tafsir Yasin dengan rutin. Menurut dia surat Yasin merupakan salah satu surat Al-Qur’an yang terdapat banyak hikmah atau keistimewaan.

"Makanya Nabi Muhammad SAW menyuruh umatnya memperbanyak membaca surat Yasin karena di dalamnya penuh dengan keistimewaan," jelasnya.

Di antara hikmahnya, ia mengatakan dengan mengutip pendapat Syekh Hamami, bahwa barang siapa membaca Yasin pada pagi hari, maka Allah akan memberi rasa aman hingga sore hari.

Sudah barang tentu, para santri lebih memahami hikmah atau keistimewaan yang ada pada surat Yasin itu. Ia berpandangan, untuk mengetahui sejumlah keistimewaan tersebut, maka tak ada pilihan lain kecuali dengan ngaji tafsir Yasin.

“Untuk lebih lengkapnya mari ikuti pengajian Kitab Tafsir Yasin karya Syekh Hamami Zadah di Pondok Pesantren Al-Ghozali Tambakberas," pungkasnya. (M. Choirurrojikin/Syamsul Arifin)


Editor:

Amaliyah NU Terbaru