Enam Masalah Diniyah Tuntas Dalam 3 Jam

Enam Masalah Diniyah Tuntas Dalam 3 Jam

NU Jombang Online,
Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jombang terus berupaya mencari solusi persoalan-persoalan umat melalui kegiatan Bahtsul Masail secara reguler. Tiga bulan sekali, sesuai dengan rencana kerja yang dicanangkan, LBMNU Jombang menyelenggarakan Bahtusl Masail yang diadakan bergilir di setiap Majelis Wakil Cabang NU (pengurus tingkat kecamatan). Pada bulan ini, Bahtsul Masail diselenggarakan pada Ahad (01/12).

Dalam Bahtsul Masail yang diselenggarakan di kantor MWCNU Jombang Kota ini, LBMNU berhasil menyelesaikan enam masalah diniyah selama 3 jam. Masalah-masalah tersebut antara lain: 1. penggunaan pengeras suara masjid untuk selain urusan masjid (untuk pengumuman kematian dsb); 2. tanaman yang tumbuh berkembang ke lahan milik tetangga; 3. Birrul walidain ke mertua; 4. transaksi di kolam pancing; 5. tubektomi dan vasektomi dan; 6. jima’ saat haid.

Menurut Kiyai Muhammad Soleh, ketua LBMNU Jombang, cepatnya pembahasan masalah-masalah diniyah dalam Bahtsul Masail ini karena tim LBMNU yang menjadi perumus, sebelum kegiatan bahtsul masail diselenggarakan selalu berkumpul terlebih dahulu untuk membahas dan mencarikan dalil-dalil dari kitab mu’tabaroh yang selama ini menjadi pegangan di kalangan NU.

Tapak hadir dalam kegiatan Bahtsul Masail itu antara lain Rasi Syuriah PCNU Jombang, KH Abd NAshir Fattah, wakil Rasi, KH Wazir Ali dan, sekitar 12 pengurus MWC NU se Jombang, disamping anggota LBMNU dan utusan dari pondok-pondok pesantren. (ma)

Categories: Berita Utama

About Author