Home Warta Daerah Laporan Keuangan Bahtsul Masail Nasional Pengurus BMT NU Fiqih Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Ekonomi Nyantri BMT NU

Unwaha Kaji Solusi Kebangkitan Ekonomi Indonesia melalui Webinar Nasional

Unwaha Kaji Solusi Kebangkitan Ekonomi Indonesia melalui Webinar Nasional
Webinar nasional Fakultas Ekonomi Universitas KH A Wahab Chasbullah (Unwaha) Jombang.
Webinar nasional Fakultas Ekonomi Universitas KH A Wahab Chasbullah (Unwaha) Jombang.

NU Jombang Online, 
Fakultas Ekonomi (FE) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (Unwaha) Kabupaten Jombang bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas FE, dan beberapa mahasiswa Prodi Manajemen melaksanakan webinar nasional dengan tema “Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi Covid-19”, Ahad (15/8).

 

Kegiatan ini merupakan webinar ketiga dalam dua bulan terakhir setelah sebelumnya juga melaksanakan webinar yang sama. Webinar kali ini merupakan bagian dari tema besar “Kebangkitan Ekonomi Indonesia" yang diusung Fakultas Ekonomi Unwaha dalam mencari sekaligus memberikan solusi kebangkitan ekonomi Indonesia di semua sektor.

 

Webinar yang diikuti 524 peserta ini menghadirkan akademisi atau dosen-dosen Fakultas Ekonomi Unwaha, yakni Maratul Fahimah, Lailatus Saadah, dan Kaprodi Manajemen Khotim Fadhli. Selain itu panitia juga menghadirkan praktisi UMKM yakni Abdul Rosyid, pemilik UD Mitra Karya Sejahtera, dan juga Ahmad Athoillah, anggota dewan dari Komisi B bidang Perekonomian DPRD Provinsi Jawa Timur. 

 

Dalam sambutannya, Ita Rahmawati, Dekan Fakultas Ekonomi Unwaha menyampaikan bahwa webinar kali ini berusaha mempertemukan antara pelaku usaha (UMKM), Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi ekonomi, dan akademisi. Sehingga diharapkan diperoleh titik temu solusi atau bahkan rekomendasi yang mungkin dapat dilaksanakan masyarakat dalam perannya meningkatkan kesejahteraannya, maupun bahan kajian pemerintah dalam membuat kebijakan penanganan dampak pandemi Covid-19. 

 

"Sedangkan akademisi memperoleh fokus kajian lebih luas untuk diteliti agar ekonomi Indonsesia semakin cepat untuk bangkit," ujarnya.

 

Ita Rahmawati menambahkan, UMKM merupakan sektor terbesar di Indonesia yang mencapai 64,19 juta, dengan komposisi usaha mikro kecil (UMK) sangat dominan yakni 64,13 juta yang artinya 99,92% dari keseluruhan sektor usaha, dan tentu kelompok ini merasakan imbas negatif dari pandemi Covid-19.

 

"Sehingga perlu ada perhatian dan strategi yang diberikan bagi para pelaku usaha sektor UMKM agar tetap fight meski pandemi Covid-19 masih menghantui," jelasnya.

 

Pada webinar kali ini, ada beberapa strategi atau rekomendasi yang dihasilkan dan mungkin bisa dijalankan pemerintah maupun UMKM agar kebangkitan UMKM semakin cepat terealisasi. 

 

Di antaranya, untuk pemerintah perlu adanya perpanjangan program-program dalam PEN dengan ditambah peningkatan edukasi bagi masyarakat penerima agar bisa tepat sasaran dan tepat pengalokasian setelah penerimaan, misalkan program BPUM diperpanjang dengan adanya pendampingan bagi UMKM penerima program restrukturisasi pinjaman/subsidi bunga ditambah, dan insentif pajak diberikan dengan diberi edukasi kepada pelaku UMKM agar memahami mekanisme pajak.

 

Selain itu, perlu juga sosialisasi pemerintah agar pelaku UMKM semakin memanfaatkan e-commerce yang dibuat pemerintah atau dinas terkait agar adanya e-commerce yang dibuat pemerintah memudahkan pelaku UMKM terutama UMK. 

 

Sementara bagi UMKM tentu harus bisa melihat peluang untuk bangkit pada masa pandemi Covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak strategi, di antaranya memiliki strategi pemasaran yang tepat dengan mulai belajar memanfaatkan media digital atau media sosial dalam promosinya, membuat atau bergabung dalam komunitas usaha sejenis, dan adanya kreativitas produk atau penyesuaian produk berdasarkan kebutuhan konsumen saat pandemi Covid-19. 

 

Sebagai informasi, seminar nasional yang pertama pada tema besar ini dilaksanakan tanggal 24 Juli 2021 dengan tema "Membangun Ketahanan Bisnis melalui Inovasi dan Transformasi Digital pada Masa Pemulihan Ekonomi Nasional". Pada kesempatan itu membahas hasil penelitian yang dilakukan akademisi terkait tema tersebut dan sebagai narasumbernya dosen-dosen Fakultas Ekonomi Unwaha, yakni Khotim Fadhli, Maratul Fahimah, Wisnu Mahendri, dan Ino Angga Putra. Dan juga mengundang dosen perguruan tinggi lain, yakni Siti Munawaroh, dosen STKIP PGRI Jombang dan Ahmad Nur Ismail dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

 

Kemudian pada webinar kedua pada tema besar ini diselenggarakan 5 Agustus 2021 dengan tema "Ketahanan Ekonomi Indonesia dalam Bingkai Pemulihan Ekonomi Nasional pada Masa Pandemi Covid-19”. Hadir secara virtual narasumber dari dosen-dosen Fakultas Ekonomi Unwaha, yakni Lailatus Saadah, Khotim Fadhli, Ino Angga Putra, dan mengundang dosen perguruan tinggi lain, yakni Ahmad Nur Ismail dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan Putri Ulfa Kamalia dari FEB Universitas Negeri Surabaya.

 

Kontributor: Fadhli
Editor: Ahmad

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi