Khutbah I
اَلْحَمْدُ لله، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ الْفُرْقَانَ لِلْعَالَمِيْنَ بَشِيْرًا وَنَذَيِرًا، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَيْنَا بِأَنْوَاعِ النِّعَمِ مِدْرَارًا. اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُطَهِّرُوْنَ اللهَ تَطْهِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْعَلِيِّ الْقَدِيْرِ الْقَائِلِ فِيْ مُحْكَمِ كِتَابِهِ : بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا . وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَى
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Pada hari Jumat yang mulia ini, khatib berpesan kepada diri khatib pribadi, maupun kepada jamaah sekalian. Marilah kita bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dengan imtitsaalul awaamir, wajtinaabun nawahiih. Menjalankan segala perintah Allah sejauh batas maksimal kemampuan kita. Dan menjauhi segala larangan Allah tanpa terkecuali.
Marilah kita bersyukur kepada Allah, karena di siang ini, di hari Jumat sayyidul ayyam yang mulia ini, Allah masih berkenan melimpahkan dua nikmat terbesar yang diberikan kepada kita, yaitu keimanan dan kesehatan. Dengan keimanan, kita bisa ringan tanpa beban menjalankan tuntunan Allah. Dengan kesehatan, kita memiliki kekuatan melaksanakan aturan Allah.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Kehidupan dunia adalah fase yang penting dalam kehidupan manusia. Karena dunia adalah tempat yang menentukan nasib seseorang di akhirat kelak. Memang benar, bahwa hidup di dunia hanya sementara. Yang abadi adalah akhirat. Namun bila kita salah memahami dan salah mengambil sikap dalam kehidupan dunia, kesengsaraan abadi akan menjadi nasib kita kelak di akhirat.
Dunia berasal dari bahasa Arab, yang bermakna rendah. Dunia adalah lawan dari akhirat. Menurut Syaikh Nawawi Banten dalam kitabnya Nashaihul Ibad, beliau menyatakan bahwa dunia adalah maa zaada ‘anil haajat. Sesuatu yang melebihi kebutuhan. Sebagai orang beragama, cara pandang tentang dunia selayaknya menyesuaikan dengan ajaran agama.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Terdapat banyak dalil Qur'an, hadits ataupun maqalah ulama terkait kehidupan dunia. Secara garis besar, dapat ditangkap pesan bahwa Islam menghendaki agar seorang hamba tidak melupakan tujuan awal penciptaannya. Yakni diciptakan semata untuk beribadah kepada Allah. Allah swt telah menggariskan, agar hambanya mengupayakan keseimbangan dunia dan akhirat. Dalam QS. Al-Qashash ayat 77 Allah berfirman:
وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ
Artinya, "Dan, carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (pahala) negeri akhirat, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia. Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”
Nabi Muhammad juga menganjurkan doa agar mendapat hasanah fid dun-ya juga hasanah fil akhirah. Sebagaimana dinukil dari QS. Al-Baqarah ayat 201:
وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Artinya, "Di antara mereka ada juga yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.”
Doa memohon hasanah/kebaikan di dunia maupun di akhirat, menunjukkan semangat keseimbangan agar Umat Islam ini bahagia di dunia maupun di akhirat. Bukannya bahagia dunia namun celaka di akhirat. Ataupun susah selama hidup di dunia.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Dunia bermakna rendah, dalam bandingannya dengan kehidupan akhirat. Dunia bersifat fana, tidak kekal, terbatas dan tidak selamanya. Umat Islam meyakini adanya pertanggungjawaban atas perilaku selama di dunia. Sehingga manusia tidak diperbolehkan berbuat semena-mena selama hidup di dunia.
Allah berfirman dalam QS.Al-Ankabut ayat 64:
وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌۗ وَاِنَّ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ
Artinya, “Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui."
Ayat di atas memperingatkan kita agar tidak terlena dengan kenikmatan dunia. Akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.
Dunia diumpamakan pula ladangnya akhirat. Ad dun-yaa mazro'atul aakhiroh. Dunia adalah tempat menanam. Sedangkan akhirat adalah tempat memetik hasil dari apa yang ditanam semasa hidup di dunia. Maka bahagia atau celakanya seseorang, tergantung dari baik dan buruk perbuatan yang dilakukannya di dunia. Inilah harvest law. Hukum tabur-tuai.
Dunia adalah perantara menuju akhirat. Di sini berlaku kaidah lil wasaail hukmul maqoshid. Hukum/penilaian baik buruknya suatu perantara (yaitu dunia), tergantung dari baik buruknya hal yang dituju (yaitu akhirat). Ketika yang dituju adalah surga dan ridha-Nya, maka baiklah kehidupan dunia. Menginginkan surga dengan cara yang tidak diridhai Allah, membuat buruknya kehidupan di dunia.
Manusia diciptakan di dunia. Maka perlu diusahakan agar kehidupan di dunia dipenuhi dengan ibadah. Mulai bangun tidur hingga tidur lagi. 24 jam sehari, diupayakan bernilai ibadah. Bekerjanya, makannya, tidurnya, belajarnya, bahkan rekreasinya, semuanya dibalut dengan ibadah. Makan diniatkan agar kuat beribadah. Tidur diniatkan beristirahat melepas letih agar. Mampu kembali. beribadah. Bekerja diniatkan agar mampu mematuhi perintah Allah untuk hanya mengkonsumsi perkara yang halal. Ibadah sendiri berkaitan erat dengan ketaatan.
Kehidupan dunia selayaknya diupayakan diisi dengan kepatuhan pada aturan Allah. Serta berusaha keras tidak melanggar aturan-Nya. Kemaksiatan, kejahatan, pelanggaran hak orang lain, adalah bentuk ketidaktaatan atas aturan Allah. Pelanggaran ini pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan dan penindasan di muka bumi.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari:
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: أَخَذَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِمَنْكِبَيَّ، فَقَالَ: كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ
Artinya, "Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku, lalu bersabda, “Jadilah engkau di dunia seperti orang asing atau seorang musafir.”
Kala meriwayatkan hadits ini, sahabat Ibnu Umar menerangkan:
وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ: إِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرِ المَسَاءَ. وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ، وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ
Artinya, "Jika kamu memasuki sore hari, maka jangan menunggu pagi hari. Jika kamu memasuki pagi hari, maka jangan menunggu sore hari. Manfaatkanlah sehatmu sebelum sakitmu, dan hidupmu sebelum matimu."
Rasulullah mengarahkan, agar kita memaknai kehidupan di dunia bagaikan pengembara, atau umpama sekadar menyebrang jalan. Arahan nabi menyiratkan bahwa kita tidak selamanya hidup di dunia. Dunia bukanlah segalanya. Dunia menjadi penting karena perannya sebagai perantara menuju akhirat. Seorang pengembara tidak selamanya tinggal di perantauan. Pasti ada selaksa niat untuk kembali pulang ke tempat asal. Kembali ke kampung halaman.
Seorang hamba yang memahami posisinya di dunia yang bagai pengembara, pasti memiliki kesadaran untuk kembali ke tempat asalnya, di haribaan Allah, dalam keadaan yang baik. Setelah menimba amal baik di dunia. Seorang penyebrang jalan, pastilah tidak berlama-lama di jalan. Ia hanya sekadar lewat, sambil waspada seraya menengok kiri-kanan. Tujuannya adalah sampai ke ujung jalan, bukan berhenti di tengah jalan.
Orang Jawa memaknai hidup hanya sekadar bagai mampir minum air. Mung mampir ngombe. Berhenti sejenak melepas dahaga dan mengisi bekal. Lantas melanjutkan perjalanan.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Terdapat perkataan ulama yang menyatakan bahwa dunia itu bagaikan bangkai. Dan para pencarinya bagaikan anjing-anjing. Ad dun-yaa jiifah, wa thullabuhaa kilaab. Pernyataan ulama yang seakan meremehkan kehidupan dunia, bukanlah diniatkan untuk memupus semangat seseorang berusaha dan bekerja keras di dunia. Pernyataan ulama tersebut dimaksudkan agar kita tidak menomorsatukan dunia dan lupa akhirat. Dunia tetap penting didapat. Bekerja penting untuk dikerjakan. Namun Mukmin sejati memahami mana yang washilah mana yang ghayah. Mana yang hanya lantaran, mana pula yang menjadi tujuan utama.
Imam Abu Hanifah menyatakan:
هِيَ الدُّنْيَا اَقَلُّ مِنَ الْقَلِيْلِ * وَعَاشِقُهَا اَذَلُّ مِنَ الذَّلِيْلِ
تُصِمُّ بِسِحْرِهَا قَوْمًا وَتُعْمِى * فَهُمْ مُتَحَيِّرُوْنَ بِلادَلِيْلِ
Artinya, "Dunia itu lebih sedikit daripada yang paling sedikit * Para pecinta dunia itu lebih rendah daripada yang rendah
Sihir dunia mampu membutakan dan menulikan * Mereka kebingungan tanpa ada petunjuk."
Anggapan Imam Abu Hanifah yang menganggap remeh dunia ini, tidak lantas membuat beliau abai dari bekerja mencari rezeki yang halal. Beliau diketahui sebagai seorang pedagang kain sukses di tokonya di Kota Kufah. Berdagang dengan tetap ifadah dan istifadah. Imam Abu Hanifah sekadar memperingatkan betapa orang yang gandrung dunia lupa akhirat, adalah hal yang sangat membahayakan.
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.
Rasulullah memberi jalan tengah terkait perimbangan kehidupan dunia dan akhirat. Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat imam al-Baihaqi Dari Ibnu Umar radiallahu ‘anhu:
اعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأنَّك تَعِيشُ أبَدًا، وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوْتُ غَدًا
Artinya, “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok pagi.”
Sabda Nabi ini menyiratkan kita harus mengerahkan daya upaya terbaik, all out, baik untuk pekerjaan duniawi maupun ibadah ukhrawi. Terlalu mementingkan dunia dan melupakan akhirat adalah celaka. Beribadah semata tanpa bekerja, malah akan menjadi beban hidup keluarga dan orang sekitarnya. Malah membuat akhirat dicela karena perilakunya.
Mereka yang bahagia di akhirat, pastinya ditandai dengan kebahagiaannya selama hidup di dunia. Walaupun tanpa bergelimang harta, namun berlimpah kemanfaatannya. Bagi orang lain, bagi sesama, bagi sekitaran. Inilah arti kecukupan dan kesyukuran. Hakikat dari mentalitas keberlimpahan.
Dunia memang perlu diisi dengan bekerja. Namun, jangan sampai fokus pada hal itu saja. Rezeki yang bukan takdirnya, tak akan tergapai walau dikejar sekuat tenaga. Dunia menjadi penting bila diarahkan menuju kebahagiaan akhirat. sebaliknya, dunia menjadi hina kala digunakan untuk kebahagiaan hidup yang hanya sementara dan fana. Semoga kita dijadikan Allah sebagai hamba yang mampu meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat:
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِي اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
اَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَر
*Ditulis oleh Akhmad Taqiyuddin Mawardi, Pengasuh Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Redaktur Pelaksana Keislaman NU Online Jombang.
Terpopuler
1
Link Streaming Jepang Vs Indonesia, Laga Pamungkas Skuad Garuda di Ronde Ketiga
2
Mengenal UPZ BMT NU Jombang, Ikhtiar Kembangkan Program Sosial dan Komitmen Bersyariah 'Alan-Nahdliyah
3
Gelar Kirab Santri Expo 2025, Wujud Syukur dan Kolaborasi Banom NU Se-Kecamatan Jombang
4
Rais PCNU Jombang Sebut Kiai Muda Punya Potensi Besar dalam Perkembangan Pemikiran Islam
5
Fenomena Kemarau Basah: Ini Pengertian, Penyebab, dan Durasinya
6
Masih dalam Suasana Idul Adha, Amankah Penderita Hipertensi Makan Daging Kambing?
Terkini
Lihat Semua