• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Tingkatkan Kualitas Guru NU, Pergunu Jombang Dorong Guru Membuat Penelitian

Tingkatkan Kualitas Guru NU, Pergunu Jombang Dorong Guru Membuat Penelitian
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkatkan mutu kualitas guru NU, Kamis (23/11/2023). Foto : PC PERGUNU Jombang
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkatkan mutu kualitas guru NU, Kamis (23/11/2023). Foto : PC PERGUNU Jombang

NU Online Jombang

Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Jombang menyelenggarakan pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkatkan mutu kualitas guru NU pada Kamis (23/112023).

 

Pelatihan yang digelar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Mojosongo Kecamatan Diwek itu diikuti oleh 76 peserta dari berbagai sekolah atau madrasah.

 

"Dalam pelatihan kali ini jumlah peserta melebihi dari kapasitas yang disediakan. Jumlah peserta yang diharapkan hanya 60 orang, namun pada hari ini jumlah peserta pelatihan mencapai 76 orang," jelas Fakhrudin Siswo Pranoto selaku ketua PC Pergunu Jombang. 

 

Ia menuturkan, budaya penelitian dan karya tulis yang dilakukan oleh guru khususnya guru Nahdlatul Ulama sangat penting untuk dilakukan. Ini merupakan awal tonggak tumbuhnya budaya menulis dan budaya penelitian.

 

"Melihat problem empirisnya, guru banyak yang belum memahami PTK. Sehingga, diharapkan pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri para guru. Sehingga, terjadi perbaikan teaching learning process dan peningkatan standar mutu pembelajaran," imbuh Fakhrudin.

 

Pada dasarnya, lanjut Fakhrudin, pelatihan ini juga berorientasi pada kebutuhan guru dan pelayanan pendidikan. Khususnya, di lingkungan lembaga pendidikan NU. 

 

"Slogan Pergunu adalah bergerak dan menggerakakan. Artinya, kita harus bergerak untuk membuat perubahan supaya bisa memberikan dampak positif kepada sekitar dan mengajak atau menggerakkan rekan-rekan lainnya turut serta dalam kepenulisan," terangnya. 

 

Perlu diketahui bahwa pemateri dalam pelatihan itu yaitu Evita Widiyati dan Erika Mei Budiarti, dosen Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. 


Daerah Terbaru