• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Sudahi Penantian, 6 Jamaah Haji Asal Jombang Diberangkatkan Hari Ini

Sudahi Penantian, 6 Jamaah Haji Asal Jombang Diberangkatkan Hari Ini
Jamaah Haji asal Jombang Diberangkatkan Hari ini
Jamaah Haji asal Jombang Diberangkatkan Hari ini

NU Online Jombang,

Usai sudah penantian berkepanjangan jamaah calon haji (JCH) Jombang setelah tertunda karena Pandemi. Meski hari ini yang berangkat hanya 6 orang, namun Jamaah Calon Haji (JCH) pada kloter 5 tampak antusias. Terlihat bersama keluarga pengantar di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (06/06/2022).

 

"Hari ini hanya ada 6 orang yang berangkat. Pada tanggal 27 Juni akan ada sebanyak 27 orang yang berangkat. Selebihnya tanggal 29 Juni. Totalnya ada 178 JCH asal Jombang," kata Bupati Jombang, Nyai Hj Mundjidah Wahab.

 

Kegembiraan JCH juga dihiasi dengan tangis haru para saudara dan keluarga yang turut mengantar keberangkatan mereka.

 

Perempuan yang akrab disapa Bu Mun ini berharap, JCH Jombang diberi kemudahan dalam mejalankan aktivitas ibadah haji dan dapat pulang kembali ke Jombang dengan keadaan sehat serta menjadi haji yang mabrur.

 

"Semoga diberi kelancaran dalam beribadah dan pulang ke Jombang dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur," harapnya.

 

Sementara itu, sesuai dengan aturan Pemerintah Arab Saudi pada tahun ini JCH yang berusia 65 tahun lebih tidak dapat diberangkatkan. 

 

Kepala Kemenag Jombang, Taufiqurrahman memohon kepada JCH yang belum bisa berangkat untuk tetap ikhlas dan bersabar.

 

"Untuk JCH usia 65 tahun harap bersabar. Semoga di tahun berikutnya aturan itu dihapus dan dapat berjalan kembali sesuai dengan aturan sebelumnya," ujar Taufiqurrahman.

 

Pihaknya mengaku tidak memiliki daya untuk bisa memaksakan keberangkatan jamaah haji karena terhalang sebuah aturan. 

 

"Kami hanya bisa berharap dapat mengakomodir kembali jamaah sesuai dengan urutan kloter yang telah diporsikan oleh Kemenag yang sudah menjadi keputusan dari Kementrian Haji Arab Saudi. Semoga jamaah yang sudah mendapat kursi bisa berangkat tanpa ada kendala apapun, normal kembali seperti sedia kala," jelasnya.

 

Untuk diketahui, jadwal tunggu ibadah haji di Indonesia mulai tahun ini sudah menginjak angka tunggu hingga 32 tahun. 

 

"Untuk pendaftar tahun ini, jadwal tunggunya mencapai 32 tahun," pungkas Taufiqurrahman.


Daerah Terbaru