• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 25 September 2022

Daerah

Songsong 1 Abad NU, Banser Jombang Luncurkan 6 Lagu Bernapaskan Kebangsaan

Songsong 1 Abad NU, Banser Jombang Luncurkan 6 Lagu Bernapaskan Kebangsaan
Para personel grup band Banser Jombang. (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)
Para personel grup band Banser Jombang. (Foto: NU Online Jombang/Ali Purnomo)

NU Online Jombang, 
Kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jombang meluncurkan enam lagu buah karya sendiri. Peluncuran dilakukan pada saat Apel Akbar di Lapangan Untung Suropati Tambakberas, Jombang pada Ahad (14/8/2022) siang. Apel digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).


Kasatkorcab Banser Jombang, Subandi mengatakan pencipta lagu tersebut bernama Sugiyo, kader Banser sekaligus yang memimpin grup band milik Banser. Lagu-lagu tersebut juga ditampilkan usai diluncurkan. 


"Nama grup band ini Maulana Jombang yang disingkat dengan MJ," kata Bandi panggilan singkatnya.


Saat dikonfirmasi NU Online Jombang, Sugiyo yang telah menciptakan lagu itu membenarkan hal tersebut. "Ya betul mas saya yang mengoordinir sahabat-sahabat untuk membuat grub band sekaligus saya menciptakan enam lagu baru bernuansa kebangsaan," ujarnya.


Sugiyo menjelaskan dari enam lagu yang diciptakan itu mengandung makna tentang kecintaan kepada NU dan bangsanya. "Lagu Yang pertama berjudul Jombang Country. Lagu ini adalah sebuah ungkapan bangga menjadi warga Jombang," jelasnya. 


Lagu yang kedua judulnya Banser 2
Lagu ini perwujudan cinta tanah air dan bangga menjadi Ansor-Banser sebagai garda bangsa.


Lagu yang ketiga berjudul Banser 3. "Sebuah lagu penyemangat para sahabat Banser yang lahir-batin berbakti pada agama dan negeri terutama ulama kiai dan menjaga NKRI," terangnya. 


Lagu yang keempat, lanjut dia, berjudul Tetaplah Satu, mengandung makna jiwa dan raga harus menyatu kuat dalam persatuan dan kesatuan bangsa.


 "Lagu yang kelima berjudul Gus Dur sebuah lagu penghormatan kepada pahlawan kita pejuang dan kesatria sejati negeri ini pembela minoritas pengayom keberagaman," jelasnya.


Lagu yang keenam judulnya Laskar Santri. Arti dari lagu itu ialah kemerdekaan bangsa ini tak lepas dari peran dan perjuangan ulama, kiai, santri dan pemuda dengan resolusi jihad KH M Hasyim Asy'ari. "Laskar santri bersatu berjuang, juga sebagai lagu penghormatan buat para syuhada perang Surabaya," terangnya.


Ia pun mengaku tujuan menciptakan lagu-lagu baru itu untuk mengakomodir bakat kader Ansor dan Banser dalam menuangkan gagasan melalui musik. "Enam lagu yang tercipta, kemarin saya launching waktu Apel Akbar Banser se-Kabupaten Jombang," pungkasnya.


Daerah Terbaru