• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Semarak Menuju Hari Santri, IPNU-IPPNU Jombang Ngaji Astronomi

Semarak Menuju Hari Santri, IPNU-IPPNU Jombang Ngaji Astronomi
Ngaji Astronomi di Kantor PC NU Jombang (Foto: Alun / Media Pelajar NU)
Ngaji Astronomi di Kantor PC NU Jombang (Foto: Alun / Media Pelajar NU)

NU Jombang Online,
Bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar  Putri Nahdlatul Ulama (IPNU IPPNU) Jombang menggelar kegiatan ngaji astronomi. Pesertanya dari anggota IPNU IPPNU dan pengurus banom NU di Jombang, kegiatan ini bertempat di  gedung lantai 2 kantor PCNU Jombang Mojoagung, Minggu (18/10).

Ketua LFNU Jombang Muhammad Mujayun  saat ditemui di lokasi menjelaskan, kegiatan ini juga salah satu dari agenda perayaan Hari Santri Nasional 2020 di Jombang "kita laksanakan acara Ngaji Astronomi dengan mematuhi protokol kesehatan, tidak hanya mengedukasi kegiatan ini juga sebagai bentuk kaderisasi falakiyah dan rukyat," kata Mujayun.

Ketua LFNU menambahkan Ngaji Astronomi yang ke 16 ini membahas tentang hisab arah kiblat menggunakan mikrosoft excell. Harapannya agar peserta menindaklanjuti materi yang sudah disampaikan di kegiatan ini. "Setelah kegiatan ini semoga peserta Ngaji Astronomi nantinya bisa menindaklanjuti materi yang sudah di sampaikan untuk diaplikasikan di rumah masing-masing, maupun di lembaganya," ujarnya.

Imbuhnya"Dimasa pandemi covid ini semoga  perayaan Hari Santri Nasional bisa menambah semangat para santri untuk beraktivitas". 

Sementara itu satu  dari peserta Ngaji Astronomi Alawiyah Mahfudho menambahkan, memang penting sekali diadakannya kegiatan ini "Kita sebagai generasi muda harus mengerti tentang ilmu falakiyah agar tidak hanya mengkonsumsi  informasi yang kita terima tentang ilmu falak, tetapi juga dengan berbekal materi yang disampaikan nantinya saya akan menindaklanjuti dan mempraktikannya di rumah," imbuh santri Pondok Pesantren Babussalam Mojoagung.

Di lokasi yang sama, saat menghadiri pembukaan acara Ngaji Astronomi Muhammad Subhan Ketua IPNU Jombang mengatakan pentingnya ngaji astronomi bagi IPNU-IPPNU agar nantinya juga bisa melakukan hisap untuk menentukan arah kiblat "Di momen yang tepat ini, harapan saya anak IPNU IPPNU nantinya ada yang bisa menjadi penerus perjuangan di LFNU". Pungkas Subhan.

Pewarta : Septy Yuanita

Editor : Anita


Editor:

Daerah Terbaru