• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

"Segi Lima", Upaya Menghidupkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

"Segi Lima", Upaya Menghidupkan Budaya Literasi di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa
Pamflet Launching dan Cipta Karya Gerakan Segi Lima. (Foto: Istimewa)
Pamflet Launching dan Cipta Karya Gerakan Segi Lima. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Sebagai bentuk kepedulian pada literasi, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Jombang membuat program gerakan Sinergi Literasi Mahasiswa dan Pelajar disingkat "Segi Lima". 

Gerakan Segi Lima ini akan diluncurkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan NU Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu pagi (30/6).

Segi Lima ini berisikan beberapa kegiatan literasi, di antaranya historiografi, upaya untuk membukukan kisah-kisah kepemimpinan IPNU-IPPNU dari masa ke masa, literacy talk yaitu kegiatan diskusi dan  bedah buku baik online maupun offline. Kemudian pengumpulan esai dan kegiatan antologi sebagai tekad membuat buku-buki antologi.

Wira Suryadi, Koordinator Lembaga Student Research Center (SRC) memaparkan dalam kegiatan antologi peserta akan mendapatkan pelatihan dan materi terlebih dahulu. "Pertama peserta dilatih untuk menulis, dan diajari bagaimana sistem dari cara menerbitkan sebuah buku," jelas mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Urwatul Wutsqo (STIT UW) ini, Selasa (29/6).

Pada Launching dan Cipta Karya Segi Lima akan menghadirkan dua narasumber, yaitu Astatik, penggerak nyalanesalia.id dan Siefani Puspita, Duta Genre Motivator Putri Jombang.

"Tujuan dari Program gerakan Segi Lima ini adalah menjadikan para pelajar melek literasi secara luas berupa kaderisasi kepenulisan karya sastra berikut menargetkan karya hingga penerbitan dalam bentuk antologi buku," imbuh Wira.

Kegiatan Segi Lima ini bisa diikuti oleh seluruh pelajar di Kabupaten Jombang. Sementara untuk peluncuran peserta khusus dari beberapa pengurus Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU yang ada di setiap sekolah di Kabupaten Jombang.

Wira berharap ke depannya para pelajar di kabupaten Jombang semakin giat meningkatkan budaya literasi dengan membaca sekaligus menciptakan buku. 

Kontributor: Septy Yuanita
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru