• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Peringati Isra' Mi'raj, Madrasah Ini Dorong Siswanya Makmurkan Musholla

Peringati Isra' Mi'raj, Madrasah Ini Dorong Siswanya Makmurkan Musholla

NU Jombang Online,
Cukup banyak cara masyarakat memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Salah satunya seperti di MI 2 Al-Mu'awwanah, Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Madrasah ini memperingati Isra' Mi'raj dengan menggelar Ishari sekaligus meresmikan musholla madrasah, Jumat (29/3/2019).

Pempinan Yayasan yang diwakili oleh Ahmad Baidlowi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut untuk mengambil hikmah perjalanan Nabi Muhammad SAW, serta mendorong siswa-siswinya agar bisa memakmurkan musholla yang baru saja diresmikan dengan praktik-praktik keagamaan, ekstra kurikuler juga BTQ dan giat keagamaan yang lain.

"Sekaligus agar masyarakat juga ikut meramaikan kegiatan keagamaan," ujarnya.

Menurut dia, selain pihak madrasah, ada banyak masyarakat sekitar yang turut berkontribusi besar atas terealisasinya pembangunan musholla hingga bisa diresmikan.

Kepada wali murid ia menegaskan agar jangan ragu menitipkan anaknya di Al-Mu'awwanah. Selain praktik-praktik keagamaan intens dilakukan siswa, juga didukung guru-guru yang kompeten, terbukti sudah menjadi sekolah yang mendapat akreditasi A. Madrasah ini juga menerapkan biaya gratis.

"Siswa-siswi telah menorehkan prestasi dalam menjuarai lomba tingkat daerah seperti lomba Albanjari, cerdas cermat, olahraga dan seterusnya," jelasnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan, Rosyidi  menagatakan, sebagian wali murid senang karena anaknya merasa terbekali dengan roll model system pendidikan di madrasah ini. Lantaran didukung sistem pendidikan yang baik juga konsep pesantren dalam membentuk pendidikan karakter dari awal masuk kelas hingga pulang madrasah.

Peresmian musholla ditandai dengan prosesi pemotongan pita dan disaksikan oleh siswa juga sejumlah wali murid. Selanjutnya dilaksanakan tahlil dan doa oleh Ketua Yayasan MI Al-Mu'awwanah, Ustadz Hariri Shohih. (Rifqi Nurul Hidayat/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru