• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 27 Februari 2024

Daerah

LFNU Jombang Beri Pelayanan Pengukuran Arah Kiblat Musala Diwek

LFNU Jombang Beri Pelayanan Pengukuran Arah Kiblat Musala Diwek
Kegiatan pengukuran arah kiblat Musala Nurul Hidayah Dusun Beyan, Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang
Kegiatan pengukuran arah kiblat Musala Nurul Hidayah Dusun Beyan, Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Jombang bersama warga setempat menggelar pengukuran arah kiblat Musala Nurul Hidayah Dusun Beyan, Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Rabu (11/8).

M. Mujazun, ketua PC LFNU Jombang mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan untuk menentukan arah atau garis yang menunjukkan arah kiblat bagi masyarakat muslim setempat dalam menjalankan salat.

"Hal ini sangat penting dilaksanakan karena menghadap kiblat yang benar merupakan salah satu syarat sah nya salat. Sehingga, kegiatan ini sangat berperan dalam menunjang keabsahan ibadah sholat kita semua," ujar M. Mujazun.

Ia menambahkan, pengukuran arah kiblat merupakan bentuk pelayanan dari PC LFNU kepada masyarakat. LFNU sendiri seringkali mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan pengukuran kiblat untuk Masjid di beberapa kecamatan di Jombang.

"Kami berharap, kepada semua Nahdliyin untuk bisa menghubungi anggota PC LFNU Jombang atau meminta tolong pada pakarnya setiap hendak membangun atau merenovasi Masjid atau Musala. Penting untuk mengukur arah kiblat yang benar agar dikemudian hari tidak terjadi permasalahan arah kiblat. Selain itu, ini erat kaitannya dengan sah atau tidaknya salat," paparnya.

Dirinya menegaskan, pengurus LFNU melakukan pengukuran kiblat berdasarkan keilmuan yang cukup memadai disertai dengan alat-alat pengukuran yang mendukung.

"Kegiatan itu dilakukan sebelum membangun atau akan merenovasi tempat ibadah baik berupa Musala atau Masjid. Metodenya bisa beragam. Bisa menggunakan Istiwa atau yang lainnya," terangnya.

Ia menambahkan, setiap melakukan pengukuran, pengelola tempat ibadah akan menerima sertifikat pengukuran arah kiblat lengkap dengan hasil perhitungannya. Sertifikat tersebut diterbitkan oleh PC LFNU Jombang.

"Cara mengajukan permohonan agar dibantu dalam menentukan arah kiblat adalah cukup dengan membuat surat permohonan dan dikirim kepada kami PC LFNU Jombang atau hubungi nomor HP pengurus," tambahnya.

"Saat ini kami sedang melakukan proses pengukuran Musala Nurul Hidayah adalah wakaf dari bapak Hadi Susanto, semoga proses pembangunannya lancar dan lekas bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar," pungkasnya.

 

Kontributor : Syaiful Chabib
Editor : Fitriana



Editor:

Daerah Terbaru