• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

IPNU dan IPPNU Jombatan Isi Ramadhan dengan Sholing

IPNU dan IPPNU Jombatan Isi Ramadhan dengan Sholing

NU Jombang Online,
Banyak cara dilakukan warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk mengisi bulan suci Ramadlan 1440 Hijriyah ini. Salah satunya seperti yang dilakukan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Jajaran pengurus badan otonom (Banom) NU yang diisi oleh mayoritas pemuda ini mengisi Ramadhan dengan Shalawat Keliling (Sholing) di sejumlah mushalla dan masjid desa setempat. Bahkan mereka menggelarnya dengan rutin.

"Untuk acara Sholing kemarin bertempat di anak ranting Jombatan 1, tepatnya di Mushalla Darul Muttaqin yang dilanjutkan dengan Bukber di rumah rekanita Inas Dusun Jombatan 2," kata Ketua IPNU Ranting Jombatan, Muhammad Muis Juddin, Sabtu (11/5).

Muis menjelaskan, rangkaian acaranya adalah membaca shalawat nabi (diba'an), yang dimulai setelah shalat Ashar. Selanjutnya, mereka bersama-sama menuju kediaman salah seorang pengurus IPNU-IPPNU yang disepakati sebelumnya untuk melaksanakan buka bersama (Bukber).

Ia mengaku, acara ini dilakukan sejak Ramadhan tahun lalu. "Jadi ini adalah yang kedua kalinya. Jika di bulan-bulan selain Ramadhan, kita biasa mengadakan Sholing secara bergiliran di masing-masing anak ranting setiap satu bulan sekali," imbuhnya.

Menurut pandangannya, acara semacam ini memang perlu dilakukan. Selain sebagai syiar, juga untuk merekatkan shilaturrahim antar anggota. "Dengan adanya acara Bukber, maka kita juga mengetahui rumah rekan rekanita yang ketempatan sekaligus bisa bersilaturahim ke keluarganya," ucapnya.

Pada kegiatan Sholing kali ini dihadiri Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Kesamben, Nuril Asmaul Husna. Tampak pula di acara Bukbernya, Pembina IPNU Ranting Jombatan Nuruddin Suryanulloh. Pria ini kerap kali memberi motivasi terhadap para pengurus IPNU-IPPNU untuk selalu semangat berjuang di NU melalui IPNU dan IPPNU. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru