• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Gandeng RMINU, IPNU-IPPNU Jombang Siap Dirikan PK di Lingkungan Santri

Gandeng RMINU, IPNU-IPPNU Jombang Siap Dirikan PK di Lingkungan Santri

NU Jombang Online, 
Tidak hanya siap mendrikan ratusan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) di lingkungan sekolahan, Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Jombang, Jawa Timur juga sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang pendirian PK di lingkungan pondok pesantren.

Hal ini menyusul telah dilaksanakannya MoU antara IPNU-IPPNU dengan Pengurus Cabang (PC) Robithah Ma'hid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU). Kedua institusi NU ini berkomitmen untuk segera membentuk PK IPNU-IPPNU di lingkungan pesantren.

"Di Jombang persebaran IPNU-IPPNU melalui pondok pesantren perlu digarap. Di samping mengembangkan potensi santri ini juga sebagai ikhtiar untuk mengenalkan NU secara struktural," ujar Ketua PC IPNU Jombang, Moh Ishomuddin Haidar, Kamis (11/7).

Menurut pandangannya, keberadaan IPNU-IPPNU sudah saatnya merambah ke berbagai lini. Ke depan IPNU-IPPNU tidak hanya masif di lingkungan siswa-siswi madrasah dan pesantren, namun juga di sekolah yang berlatar belakang negeri.

IPNU-IPPNU juga dinilai sangat tepat untuk para santri dan siswa dijadikan wadah mengenal serta memperdalam ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan prinsip dan nilai Islam yang sesungguhnya. Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah menjadi salah satu materi IPNU-IPPNU yang mendukung untuk mengenalkan ajaran-ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Sementara itu, Ketua PC RMI NU Jombang, Agus Jauharuddin menyambut baik terkait ikhtiar IPNU-IPPNU untuk mendirikan PK IPNU-IPPNU di pesantren. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pesantren-pesantren di bawah garis koordinasi RMI NU Jombang.

"Apresiasi yang luar biasa, kami siap membukakan jalan IPNU-IPPNU untuk masuk mendirikan komisariat IPNU-IPPNU pesantren," jelas pria yang biasa disapa Gus Rudin ini.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya. Kemarin, Rabu (10/7), PC IPNU-IPPNU, LP Ma'arif serta Kementerian Agama (Kemenag) setempat melakukan MoU di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang terkait pendirian PK IPNU-IPPNU di sejumlah sekolah Jombang. 

Hal ini menurut Ketua PC IPNU Jombang, Moh Ishomuddin Haidar adalah upaya yang serius dalam membumikan ajaran-ajaran Aswaja an-Nahdliyah di lingkungan sekolah. Kemenag sebagai institusi resmi negara yang salah satu perannya menaungi madrasash juga sudah mendukung terhadap Pendirian PK IPNU-IPPNU.

"Sebagai organisasi keterpelajaran, IPNU-IPPNU siap bersinergi dengan LP Ma'arif yang menaungi lembaga sekolah NU se-Jombang," ujarnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru