• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Diklatsar XXV, Cetak Generasi yang Siap Memimpin NU di Masa Depan

Diklatsar XXV, Cetak Generasi yang Siap Memimpin NU di Masa Depan
Diklatsar XXV (Foto : NU Online/Ahmad Faris)
Diklatsar XXV (Foto : NU Online/Ahmad Faris)

NU Online Jombang,

Satuan Koordinasi Rayon kecamatan Peterongan di bawah naungan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar Banser (Diklatsar) yang pertama kali di Peterongan. Ini merupakan Diklatsar ke-XXV yang dilakukan di Kabupaten Jombang, Jumat (25/02/2022).

 

Ketua PAC GP Ansor Peterongan, Syaiful Habib mengatakan, agar estafet kepemimpinan di Ansor tetap ada dan dapat mencetak kader-kader yang baik, maka Diklatsar ini diadakan.

 

"Diklatsar dilakukan sebagai wadah kaderisasi serta mencetak kader-kader yang baik untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Nahdlatul Ulama," ungkapnya.

 

Sementara itu, menurut ketua panitia acara, Agung Tri, Diklatsar ke XXV ini diikuti oleh 70 peserta yang sebagian besar merupakan anggota GP Ansor Jombang. 

 

"Sebanyak 40 orang adalah anggota GP Ansor Jombang, sementara sisanya berasal dari luar Kabupaten Jombang. Yang paling jauh berasal dari Madura," ujarnya.

 

Di apel pembukaan Diklatsar Ke XXV, Bupati Jombang yang hadir juga mengapresiasi terlaksananya Diklatsar kali ini. Ia juga mengatakan pentingnya kaderisasi yang akan melahirkan calon-calon Pemimpin Nahdlatul Ulama (NU)

 

"Saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada GP Ansor Kecamatan Peterongan yang telah mengadakan sekaligus melaksanakan Diklatsar. Selama ini, GP Ansor Jombang telah mendorong dan ikut membantu menghidupkan berbagai kegiatan NU di Jombang," ungkapnya.

 

 

Ia menambahkan, pelaksanaan kaderisasi NU sangat penting dilakukan, untuk mencetak kader-kader muda yang mengabdi kepada agama, nusa dan bangsa. Kegiatan semacam inilah yang nantinya menjadi langkah untuk melanjutkan estafet NU.

 

"Mengikuti NU diawali dengan IPNU/IPPNU, kemudian laniut ke Ansor atau Fatayat dan seterusnya. Semoga kegiatan Diklatsar ini mencetak generasi yang siap untuk berjuang menjaga kesatuan NKRI. Karena Banser itu harus siap berjuang. Walau darah menetes, mereka tidak akan kembali pulang. Itulah Banser," tuturnya.

 

Disamping rasa bangga terlaksananya Diklatsar XXV, ia juga berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) karena pandemi Covid-19 belum selesai. 

 

Untuk diketahui, acara bertempat di SDN Tengaran, Dusun Tengaran, kecamatan Peterongan. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Jombang, Nyai Hj Munjidah Wahab, DPRD provinsi Jatim, Fraksi Partai Kebangkita Bangsa (PKB) Ahmad Athoillah, Kepala kecamatan Peterongan, Perwakilan TNI, POLRI dan Gerakan Pemuda Ansor Jombang. Serta, diikuti seluruh Badan Otonom (Banom) Nahdatul Ulama kecamatan Peterongan. 

 

Kontributor: Ahmad Faris Ihsan Syafri


Daerah Terbaru