• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

Ciri Akidah Asy’ariyah Itu Tidak Mudah Menyalahkan, Apalagi Mengkafirkan

Ciri Akidah Asy’ariyah Itu Tidak Mudah Menyalahkan, Apalagi Mengkafirkan
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Ketua Umum Persatuan Dosen Agama Islam (Persada) Nusantara, Jawa Timur, Ustadz Yusuf Suharto mengatakan ciri khas dari Akidah Asy’ariyah yaitu memiliki sikap moderat. Sikap ini menjadi bagian dari ajaran agama Islam.


“Ciri khas dari Akidah Asy’ariyah yaitu moderat, tasamuh, dan toleransi dalam perbedaan pendapat, kita meyakini pendapat kita tetapi menghargai pendapat orang lain," ungkapnya usai mengisi Pendidikan Kader Dakwah Nahdlatul Ulama (PKDNU) vol 2 di gedung PCNU Jombang, Ahad (5/12/2021).


Di samping itu, lanjutnya, tidak mudah menyalahkan, apalagi mensyirikkan atau mengkafirkan orang lain karena berbeda keyakinan. 


"Jadi menilai orang lain harus hati-hati, sama halnya dengan kita dinilai orang harus hati-hati," imbuhnya.


Menurutnya, Akidah Asy’ariyah banyak dipelajari oleh orang-orang Indonesia dan banyak sekali yang menganut akidah ini. Ia membayangkan, bila ada sentuhan kreativitas dengan pemanfaatan teknologi oleh para kiai atau tokoh, tentu akan lebih efektif dalam mensyiarkannya.


“Akidah Asy’ariah banyak dipelajari di Indonesia terutama dikalangan NU pada zaman sekarang. Namun dalam penerapannya kita harus menyesuaikan dengan keadaan zaman kemudian cara penyampaiannya harus kita permudah dengan cara bermusyawarah, bisa lewat media," jelasnya.


Ia menyebut, media sosial harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan syiar agama. Hal itu sangat efektif untuk menjangkau beragam kalangan masyarakat luas. Tidak terkecuali masyarakat perkotaan. 


"Karena saat ini pembelajaran yang mudah yaitu dengan sentuhan teknologi, menyajikan lewat youtube, facebook, instagram. Saya kira NU Online adalah salah satu website utama yang harus dikenalkan oleh guru kepada muridnya karena di sana ada channel yang membahas tentang ilmu tauhid," ungkapnya.


Kontributor: Sohibul Huzair Ellathoillah
Editor: Ahmad 

​​


Daerah Terbaru