• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Ciptakan Kader Berdaya saing, PC IPNU Jombang Tawarkan 3 Ranah Pengkaderan

Ciptakan Kader Berdaya saing, PC IPNU Jombang Tawarkan 3 Ranah Pengkaderan
Muhammad Subhan, Ketua PC IPNU Jombang
Muhammad Subhan, Ketua PC IPNU Jombang

NU Jombang Online,
Selaras dengan moto Bupati Jombang, Nyai Hajjah Munjidah Wahab yang ingin menjadikan Jombang sebagai kota santri yang berkarakter dan berdaya saing, Muhammad Subhan, Ketua Pengurus Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Jombang siap menjadikan kader IPNU berkarakter dan berdaya saing melalui 3 ranah pengkaderan.

"untuk memberikan dukungan kepada pemerintah, kami akan meningkatkan kualitas kader dari segi literasi, digitalisasi, serta empowerment atau pemberdayaan kader," ujarnya.

Menurut pria yang akrab disapa Subhan ini, dalam hal literasi, sudah waktunya pengurus organisasi Nahdliyin memberikan kontribusi kepada para pelajar. Karena itu, Subhan melalui IPNU, menawarkan beberapa program yang berkaitan dengan peningkatan literasi. Antara lain, literasi talk, sinergitas literasi mahasiswa dan pelajar juga membuat buku historiografi.

Selain itu, yang tak kalah penting lagi adalah meningkatkan kapasitas pelajar dalam era digital yang serba cepat. Pelajar Nahdliyin menurutnya harus mengikuti perkembangan zaman dimana digitalisasi kini sudah meliputi semua aspek kehidupan. 

"Kita dituntut serba cepat termasuk juga dalam pengelolaan data. Karena itu penting bagi kami untuk meningkatkan kapasitas kader dalam rangka penguasaan teknologi digital," jelasnya.

Dari sisi Empowerment atau pemberdayaan, lanjut Subhan, kader diharapkan tidak hanya memberikan kontribusi kepada organisasi melainkan juga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

"Akan lebih baik jika dalam hal ini, pemerintah juga turut melakukan pendampingan dan memberikan wawasan terkait organisasi. Sebab, IPNU-IPPNU adalah organisasi massa yang mementingkan 3 aspek sosiologi, yakni keterpelajaran, sosial dan agama," ungkap Subhan.


Kontributor : Muhammad Fa'iz Hasan
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru