• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Budaya PKBM Yalatif, Siswa Bersedekah Lewat Kaleng Koin LAZISNU

Budaya PKBM Yalatif, Siswa Bersedekah Lewat Kaleng Koin LAZISNU

NU Jombang Online, 
Ada budaya yang tak biasa ditemui di lingkungan lembaga sekolah kejar paket pada umumnya. Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Yalatif, Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini selain melaksanakan aktivitas belajar mengajar pada umumnya, juga mendidk siswa-siswinya untuk gemar bersedekah. Hal ini sudah menjadi budaya.

Cara mendidiknya pun cukup simpel. PKBM yang merupakan salah satu lemabaga sekolah kejar paket itu menyediakan kaleng kotak infaq (Koin) sedekah Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang. Kemudian para siswa diimbau menyisihkan rezekinya untuk mengisi Koin secara suka rela.

Hasil sedekah mereka, nantinya akan disedekahkan kembali kepada para masyarakat yang memang membutuhkan. Dalam hal pentasarrufan sedekah sepenuhnya dimobilisasi Pengurus Cabang (PC) LAZISNU.

Budaya ini ditemui saat PKBM Yalatif menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C sejak Sabtu (13/4) hingga beberapa hari ke depan.

"Memulai UNBK Paket C di PKBM Sanggar Belajar Yalatif dengan Sedekah di Kaleng LAZISNU," kata Ketua PKBM Yalatif, Ahmad Zainudin.

Tak hanya itu, para siswa-siswi juga dibiasakan untuk tawassul kepada muassis NU KH Hasyim Asy’ari (Mbah Hasyim) sebelum memulai ujian dengan membaca istighosah.

"Juga berwashilah dengan membaca istighosah ditujukan kepada Hadrotus Syekh KH Hasyim Asy'ari," tuturnya.

Ia berharap dengan dibiasakannya amalan di atas, ilmu para siswa-siswinya yang diperoleh semakin bermanfaat dan berkah. "Semoga ujiannya lancar, hasilnya memuaskan dan ilmunya berkah serta manfaat. Mohon Doanya," ucapnya. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru