• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Daerah

Belajar Desain Grafis untuk Berdakwah di Medsos

Belajar Desain Grafis untuk Berdakwah di Medsos

NU Jombang Online,
Dunia digital tak bisa lepas dari kehidupan manusia sat ini seiring dengan zaman yang kian berkembang pesat. Oleh sebagian banyak pegiat teknologi diimbangi dengan ragam kemampuan, salah satu di antaranya adalah kemampuan mendesain gambar dan tulisan atau desain grafis.

Masyarakat yang berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU) juga tak ketinggalan dengan dunia digital serta desain grafis. Bedanya dengan masyarakat pada umumnya, warga NU kebanyakan menjadikan kemampuan desain grafis sebagai sarana berdakwah di media sosial (Medsos), sehingga sejumlah ajaran NU bisa disebar luaskan di Medsos tersebut.

"Para kader IPNU-IPPNU nantinya dituntut mampu membuat desain untuk dijadikan dakwah bil medsos yang lagi eksis di zaman ini, sekaligus sebagai bekal bagi dirinya baik dalam profesinya masing-masing maupun dalam organisasi," kata Ketua IPPNU Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Nuril Asmaul Khusna.

Demikian ini mengemuka kala IPNU-IPPNU Kesamben menggelar pelatihan Desain Grafis. Pesertanya adalah kader IPNU-IPPNU yang ada di masing-masing pimpinan ranting, Jumat (5/6) di Kantor MWCNU setempat.

Dunia desain grafis menurut dia perlu digalakkan pada diri kader NU, terutama kadar-kader muda NU. Seperti mereka yang masih aktif di IPNU-IPPNU. Ia beralasan, saat ini merupakan era digital, sejumlah aktifitas manusia tak bisa lepas dari digital. Tak terkecuali dalam berdakwah.

Ia menilai, kader IPNU-IPPNU Jombang yang memiliki kemampuan dalam desain grafis saat ini masih belum banyak. Perlu terus menyelenggerakan diklat atau pelatihan desain grafis di berbagai tingkatan kepengurusan IPNU-IPPNU.

"Dengan diadakan pelatihan desain grafis, bakat dan minat dari rekan rekanita IPNU IPPNU Kesamben bisa terwadahi," ujar alumni MAN 9 Jombang ini.

Katib Syuriah MWCNU Kesamben, Fakhul Hidayat mengapresiasi adanya pelatihan tersebut di lingkungan IPNU-IPPNU. Sebagai kader NU yang masih cukup mudah menurutnya harus bisa menggali banyak ilmu, terlebih ilmu desain grafis, lantaran kesempatan yang dimilikinya masih cukup luas.

"Pelatihan ini juga bisa menjadi penyemangat bagi anggota untuk ikut berorganisasi karena di organisasi itu banyak sekali ilmu yang diperoleh," ucapnya.

Pria yang juga Kepala KUA Kesamben itu mencontohkan beberapa sosok yang sukses dan berlatar belakang IPNU-IPPNU. Di antaranya KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Hj. Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur dan Hj. Mundjidah Wahab, Bupati Jombang.

Sosok di atas sukses salah satunya atas keteguhan mereka dalam berorganisasi. Sejumlah perkembangan ilmu ditekuninya.

Hadir sebagai pemateri pelatihan desain grafis Direktur Pers PC IPNU Jombang, Ainul Farid Hariadi. Selama kurang lebih lima jam berlangsung, semua peserta sangat antusias mengikuti ini. (Nuruddin Suryanullah/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru