• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Ansor Jombang Resmi Jadi Pemantau Pemilu

Ansor Jombang Resmi Jadi Pemantau Pemilu

NU Jombang Online,
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, Jawa Timur menjadi bagian penting pada momentum pemilihan umum (Pemilu) 2019 ini. Organisasi kepemudaan NU itu resmi mendaftar sebagai lemabaga pemantau Pemilu. Pendaftaran dilakukan beberapa hari lalu dan sudah tersertifikasi. 

"GP Ansor Jombang sudah resmi menjadi pemantau Pemilu pada tahun 2019 ini. Kurang membanggakan bagaimana lagi," kata Ketua PC GP Ansor Jombang, H Zulfikar Damam Ikhwanto.

Pernyataan itu disampaikannya saat acara sosialisasi pengawasan parsitipatif dan peran GP Ansor sebagai pemantau Pemilu 2019, Senin (1/4) di Islamic Center Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-alun Jombang. Kegiatan bersinergi dengan Bawaslu setempat.

Pria yang kerap disapa Gus Antok ini menyampaikan, peran pemantauan tersebut merupakan salah satu bagian dari wujud kecintaan kader-kader Ansor kepada bangsa dan Negara Indonesia dalam berdemokrasi. Kader Ansor serta Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dipastikan akan ikut berpartisipasi mengawal proses perhelatan Pemilu yang sehat dan bersih.

"Hubbul wathan minal iman, ini adalah salah satu bentuknya. Kita harus ambil bagian dan pro aktif mengawasi Pemilu ini," jelasnya.

Bahkan menurutnya dia, dari sejumlah Ansor yang ada secara nasional besar kemungkinan hanya Ansor Jombang yang mendaftarkan diri sebagai lemabaga resmi yang turut memantau perjalanan Pemilu 2019. "Dan mungkin di Indonesia ini satu-satunya lembaga yang mendaftarkan diri sebagai pemantau Pemilu adalah Ansor Jombang," ujarnya.

Gus Antok memastikan pada hari pencoblosan nanti, kader Ansor juga Banser akan stand by di sejumlah TPS yang ada di Jombang bersama Polri dan TNI. "Saya juga akan keliling untuk ngecek di TPS-TPS," pungkasnya. (Syamsul Arifin)


Editor:

Daerah Terbaru