• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Ajak Bantu Warga Terdampak Gunung Semeru, Katib PCNU Jombang: Mari Bersolidaritas

Ajak Bantu Warga Terdampak Gunung Semeru, Katib PCNU Jombang: Mari Bersolidaritas
Letusan gunung semeru. (Foto: Tangkapan layar)
Letusan gunung semeru. (Foto: Tangkapan layar)

NU Online Jombang, 
Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi disertai guguran lava pijar dan awan panas. Letusan ini menyebabkan sejumlah warga di sekitar gunung tersebut diungsikan, Sabtu (4/12/21). 


Atas kejadian itu, Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang, Ahmad Samsul Rijal mengaku sangat terkejut. Ia mengajak masyarakat agar saling mendoakan untuk keselamatan warga Lumajang yang terdampak.


"Kita berdoa, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa warga masyarakat sekitar gunung Semeru," jelasnya. 


Menurutnya, bencana tentu menimbulkan kerusakan serius sekaligus trauma bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, ia juga mengajak Nahdliyin Jombang khususnya, dan secara umum warga Jombang untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak letusan gunung semeru melalui LAZISNU.


"Sudah sepatutnya sebagai saudara Muslim, saudara Nahdliyin dan saudara sebangsa kita patut membantu mereka, baik materiel maupun doa (morel), pokoknya semampu dan seikhlas kita. Bila mana kita membantu secara materiel, salurkan bantuan itu melalui LAZISNU yang terkoordinasi dengan LAZISNU PWNU maupun LAZISNU PCNU Kabupaten Lumajang," tuturnya.


Sebagai sesama bangsa, pria yang kerap disapa Kiai Rijal ini juga meminta masyarakat secara umum agar meningkatkan solidaritas kemanusiaan untuk memberikan dukungan energi positif terhadap warga di Lumajang.


"Sekali lagi, kita doakan bersama, mudah-mudahan masyarakat Lumajang terdampak diberi kesabaran serta kekuatan untuk menghadapi cobaan bencana alam. Allah tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan manusia. Mari kita bersolidaritas," pungkasnya.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru