• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Ketua PWNU Jatim Ajak Masyarakat Berdonasi untuk Korban Semeru Lewat LAZISNU

Ketua PWNU Jatim Ajak Masyarakat Berdonasi untuk Korban Semeru Lewat LAZISNU
KH Marzuki Mustamar. (Foto: Gasek Multimedia)
KH Marzuki Mustamar. (Foto: Gasek Multimedia)

NU Online Jombang 
Gunung semeru di Lumajang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) jawa timur, KH Marzuki Mustamar mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan kepada warga terdampak.


"Kaum Muslimin warga NU, pengurus NU, mari kita berdonasi dan membantu saudara-saudara kita di Lumajang yang terkena musibah erupsi gunung semeru," katanya sebagaimana di video yang beredar dan dibagikan ke sosial media, Ahad (5/12/2021).


Pengasuh Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang juga mengingatkan agar memilih berdonasi melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Ini untuk memastikan keamanan donasi agar benar-benar bisa dirasakan oleh warga terdampak.


"Pastikan donasi melalui LAZISNU yang ada di masing-masing daerah, kecamatan, lalu LAZISNU berkoordinasi dengan LAZISNU di kabupaten atau kota kemudian ke LAZISNU PW, setelah itu kita arahkan kepada korban semeru," pungkasnya.


Diberitakan NU Online Jombang sebelumnya, LAZISNU Jombang sudah membuka donasi bagi masyarakat Jombang untuk membantu meringankan beban warga terdampak erupsi semeru.


"Donasi bisa dititipkan ke PC LAZISNU atau UPZISNU dan JPZISNU terdekat. Selanjutnya kami akan mengirim ke Posko Bencana PWNU di Lumajang," ujar Ketua Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Jombang, Ahmad Zainuddin.


Donasi juga bisa langsung ditransfer melalui rekening BSI an. LAZISNU (451)7019992211 BMT NU 01.21.001.594.01 an. LAZISNU Jombang. Info dan konfirmasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon 0815-5156-200. 


Erupsi semeru membuat daerah sekitarnya diguyur hujan abu vulkanik, kerikil, dan diterjang lumpur. Akibatnya, erupsi banyak warga yang mengalami luka bakar. Bahkan pada Ahad (5/12/2021) kemarin ditemukan korban jiwa sebanyak 14 warga.


Letusan dan semburan awan panas guguran gunung semeru juga mengakibatkan jembatan perak, penghubung Lumajang-Malang, ambruk. Arus lalu lintas pun lumpuh total.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru