Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh

Daerah

Gandeng RMINU, IPNU-IPPNU Jombang Siap Dirikan PK di Lingkungan Santri

NU Jombang Online, 
Tidak hanya siap mendrikan ratusan Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) di lingkungan sekolahan, Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kabupaten Jombang, Jawa Timur juga sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang pendirian PK di lingkungan pondok pesantren.

Hal ini menyusul telah dilaksanakannya MoU antara IPNU-IPPNU dengan Pengurus Cabang (PC) Robithah Ma'hid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU). Kedua institusi NU ini berkomitmen untuk segera membentuk PK IPNU-IPPNU di lingkungan pesantren.

"Di Jombang persebaran IPNU-IPPNU melalui pondok pesantren perlu digarap. Di samping mengembangkan potensi santri ini juga sebagai ikhtiar untuk mengenalkan NU secara struktural," ujar Ketua PC IPNU Jombang, Moh Ishomuddin Haidar, Kamis (11/7).

Menurut pandangannya, keberadaan IPNU-IPPNU sudah saatnya merambah ke berbagai lini. Ke depan IPNU-IPPNU tidak hanya masif di lingkungan siswa-siswi madrasah dan pesantren, namun juga di sekolah yang berlatar belakang negeri.

IPNU-IPPNU juga dinilai sangat tepat untuk para santri dan siswa dijadikan wadah mengenal serta memperdalam ajaran-ajaran Islam yang sesuai dengan prinsip dan nilai Islam yang sesungguhnya. Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah menjadi salah satu materi IPNU-IPPNU yang mendukung untuk mengenalkan ajaran-ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Sementara itu, Ketua PC RMI NU Jombang, Agus Jauharuddin menyambut baik terkait ikhtiar IPNU-IPPNU untuk mendirikan PK IPNU-IPPNU di pesantren. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pesantren-pesantren di bawah garis koordinasi RMI NU Jombang.

"Apresiasi yang luar biasa, kami siap membukakan jalan IPNU-IPPNU untuk masuk mendirikan komisariat IPNU-IPPNU pesantren," jelas pria yang biasa disapa Gus Rudin ini.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya. Kemarin, Rabu (10/7), PC IPNU-IPPNU, LP Ma'arif serta Kementerian Agama (Kemenag) setempat melakukan MoU di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang terkait pendirian PK IPNU-IPPNU di sejumlah sekolah Jombang. 

Hal ini menurut Ketua PC IPNU Jombang, Moh Ishomuddin Haidar adalah upaya yang serius dalam membumikan ajaran-ajaran Aswaja an-Nahdliyah di lingkungan sekolah. Kemenag sebagai institusi resmi negara yang salah satu perannya menaungi madrasash juga sudah mendukung terhadap Pendirian PK IPNU-IPPNU.

"Sebagai organisasi keterpelajaran, IPNU-IPPNU siap bersinergi dengan LP Ma'arif yang menaungi lembaga sekolah NU se-Jombang," ujarnya. (Syamsul Arifin)