Waspada, Pencurian dengan Modus Daftarkan Anaknya di Pesantren Marak di Jombang

Waspada, Pencurian dengan Modus Daftarkan Anaknya di Pesantren Marak di Jombang

NU Jombang Online, 
Pencurian dengan modus hendak mendaftarkan anaknya sebagai calon santri marak terjadi di pondok pesantren yang berada di  Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang Jawa Timur dalam sepekan terakhir.

Salah satunya, Pondok Pesantren Al Aqobah Diwek. Pengurus pondok terkait Agus A Kanzul Fikri mengungkapkan jika pelaku datang ke pesantrennya dengan berpura-pura menanyakan ke pengurus terkait prosedur pendaftaran santri baru, kemudian ngecek kondisi lingkungan pesantren.

Pencurian yang diperkirakan terjadi pada Jumat (26/5/2017) lalu itu, baru diketahui setelah beberapa barang di pesantren tersebut hilang dan pelaku menghilang hingga saat ini.

Fikri mengatakan barang yang berhasil dicuri diantaranya laptop. Pelaku membawanya diperkirakan saat para pengurus dari pesantren yang di asuh oleh Kiai A Junaidi salah satu tokoh Nahdlatul Ulama Jombang sedang sibuk menerima santri baru.

“Ciri-ciri pelaku kurus, tinggi dan langsing berdasarkan rekaman orang yang mencurigakan di CCTV pesantren,” jelasnya, Kamis (1/5/2017).

Hal serupa juga terjadi di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Desa Jatirejo, Kecamatan Diwek yang diperkirakan terjadi pada Minggu (28/5/2017). 2 laptop dan 1 handphone berhasil digondol pencuri dengan ciri-ciri yang sama dengan pelaku di Al Aqobah.

“Saat saya share digrup WA, ada dari pengurus Mambaul Hikam yang mengaku mengalami peristiwa yang sama dengan pondok kita mas,” tambah Fikri.

Sementara Kapolsek Diwek, AKP Bambang Setyobudi, saat dikonfirmasi membenarkan ada laporan dari Pondok Pesantren Al Aqobah terkait pencurian laptop dengan modus mendaftarkan anaknya sebagai calon santri baru. Beberapa saksi sudah dipanggil, rekaman CCTV juga sudah dibawa.

“Memang ada laporan mas, saat ini kita masih mendalami kasus ini dan mengejar pelaku,” bebernya. (Syarif/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author