Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-17 Santri Muallimin Tambakberas Berjalan Hikmat

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-17 Santri Muallimin Tambakberas Berjalan Hikmat

(124 Views) August 17, 2017 11:31 am | Published by | No comment


NU Jombang Online,
Sekitar 1000 siswa Madrasah Muallimin 6 Tahun Bahrul Ulum mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-72 di halaman Gedung II Madrasah Gedang Tambakberas, pada Kamis (17/08/2017) dengan penuh hikmat, meskipun dilakukan secara sederhana khas santri.

Hadir turut serta dalam upacara tersebut, Wakil Kepala Madrasah Drs H Abdurrahim Ma’ruf, SH dan H Imron Rosyadi, S.Pdi, serta jajaran guru Madrasah.

Dalam sambutannya, Drs Abdurrahim Maruf menyampaikan tentang makna peringatan hari kemerdekaan, yaitu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

“Dahulu ketika masa penjajahan kita tidak bisa sekolah dan hidup miskin. Sekarang kita bisa sekolah dengan tenang dan hidup lebih baik. Karena kita patut bersyukur atas kemerdekaan yang diberikan oleh Allah SWT”, urainya.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, “Apa yang kita nikmati saat ini adalah berkat perjuangan dari para kiyai yang menjadi pimpinan kita. Mereka begitu peliknya saat berdebat menentukan bentuk negara ini, sehingga kemudian disepakati bentuk negara kesatuan dan Pancasila sebagai dasarnya”.
Dia juga berpesan kepada siswa Muallimin untuk selalu bersemangat dalam belajar.

“Kalian semua harus memiliki jad wa himmatun ulyah, yaitu semangat belajar dan cita-cita yang tinggi. Semangat saja tanpa memiliki cita-cita yang tinggi akan kurang, begitu juga punya cita-cita yang tinggi tetapi tidak memiliki semangat, hanya tidur melulu, juga tidak akan bisa berhasil”, tegasnya.

“Belajarlah yang rajin dan penuh semangat, karena kalian merupakan calon-calon pemimpin, serta kader Nahdlatul Ulama”, pungkasnya.

Sementara itu, menurut Waka Kesiswaan Madrasah, Bambang Hariadi, M.Pdi, upacara yang dilakukan kali ini lebih hikmat, berbeda dengan tahun kemarin. “Tahun kemarin (2016, red) pertama kalinya siswa mengadakan upacara, dan masih agak semrawut, tetapi untuk hari ini, upacara berjalan lebih tertib dan hikmat. Setiap tahun anak-anak akan belajar bagaimana menyelenggarakan dan mengikuti upacara resmi untuk peringatan hari Kemerdekaan RI”, katanya.

“Semoga tahun depan upacara hari Kemerdekaan RI akan bisa berjalan lebih baik, dan saya berharap semua siswa bisa mengikuti, karena ini momen 1 tahun sekali, dan ini cara kita dalam menghormati dan bersyukur atas perjuangan para pahlawan, terutama para kiyai pesantren yang menjadi pejuang kemerdekaan”, harapnya. (Ma)

Categorised in:

Comment Closed: Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-17 Santri Muallimin Tambakberas Berjalan Hikmat

Sorry, comment are closed for this post.