Untuk Kesekian Kalinya, LFNU Jombang Gembleng Kader Falakiyah

Untuk Kesekian Kalinya, LFNU Jombang Gembleng Kader Falakiyah

NU Jombang Online,
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang komitmen mencetak kader falakiyah di setiap pengurus MWC NU. Kali ini, LFNU Jombang terhitung sudah tiga kali menggelar kegiatan Kaderisasi Hisab Rukyah. Semula pengurus MWC NU yang menjadi sasaran utama, namun ada banyak dari badan otonom (Banom) dan lembaga yang juga ikut serta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan kaderisasi tahap 3 PC LFNU berjalan dengan lancar dan sukses. Antusias peserta juga tidak padam meskipun kegiatan kaderisasi ini dilakukan setiap bulan sekali, dibukatikan dengan jumlah peserta yang tidak berkurang dari pelaksanaan sebelumnya,” kata Ketua PC LFNU Jombang, Mujazun.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor MWC NU Ploso, Senin (18/12) ini, peserta disuguhi dua materi. Materi-materi tersebut merupakan materi yang berkesinambungan dengan materi-materi yang sebelumnya sudah diberikan kepada peserta.

“Ada dua materi pokok yang disampaikan dalam kaderisasi kali ini, yakni hisab rosdul qiblat (bayang matahari yang mengarah ke qiblat) dan perhitungan mengetahui arah qiblat setiap saat dengan bantuan bayang -bayang matahari,” bebernya.

Mujazun memaparkan, disamping peserta mendapatkan materi kegiatan, panitia juga juga sudah menyiapkan alat-alat untuk mempraktikkan langsung.

“Sebetulnya sudah ada agenda adanya peraktik pengukuran dengan perhitungan di atas, karena kondisi mendung sehingga tidak bisa dipraktikkan,” ujarnya.

Kegiatan kaderisasi hisab rukyah ini akan terus dilakukan di beberapa titik yang berbeda. Hingga tujuan awal mencetak kader falakiyah benar-benar terealisasi dengan baik. “Agenda kaderisasi tahap 4 insyaallah akan dilalaksanakan pada Bulan Januari 2018 di MWC NU Mojowarno,” ucap Mujazun.

Dirinya juga sudah menyiapkan materi-materi yang akan disuguhkan pada acara kaderisasi hisab rukyah tahap ke-4 nanti. “Dengan pokok materi hisab penanggalan dan konversinya sekaligus praktik lapangan pengukuran arah qiblat secara berklompok. Semoga tidak ada halangan,” pungkasnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author