Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Santri Bahrul Ulum Tambakberas Latih Kekompakan Melalui Sejumlah Lomba

Santri Bahrul Ulum Tambakberas Latih Kekompakan Melalui Sejumlah Lomba

(144 Views) August 20, 2017 12:07 pm | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Santri putri Ribath Almubtadiien Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang punya cara unik dalam memeriahkan HUT RI ke 72. Mereka mengisi kemerdekaan RI dengan mengadakan lomba-lomba ringan seperti makan kerupuk, memindahkan air dengan tangan, membawa tepung dan beberapa lomba lainnya, Minggu (20/8/2017)

Lomba-lomba tersebut hanya khusus santri puteri dan dilakukan sejak pagi pukul 06.00 WIB hingga adzan dzuhur datang. Lokasi lomba berada di lahan kosong baratnya asrama puteri Almubtadiien. Panitianya juga perempuan, mereka secara kreatif melakukan persiapan sendiri dan mengatur lomba sendiri.

Pengasuh Ribath, Hj Maslachatul Ammah menyebutkan lomba-lomba kecil ini bertujuan mengisi libur santri dan meningkan kekompakan antar santri. Oleh karenanya, kabanyakan perlombaan yang dilakukan disini lebih menekankan kerja tim.

“Pengasuh berharap ini bisa menjadikan hiburan yang mendidik bagi santri puteri kita. Dalam lomba-lomba ringan ini saya anjurkan untuk lebih fokus ke kerjasama kelompok,” jelasnya.

Neng Laha sapaan akrabnya mengaku membebaskan para santri memilih lomba yang mereka sukai dengan batasan harus ada nilai pendidikannya seperti pentingnya pemimpin, kerjasama, gotoroyong dan kesiagaan. Untuk hadiah perlombaan panitia juga menyiapkan berbagai hal unik lainnya.

Hadiah lomba bukan berupa uang tunai, melainkan makanan ringan yang dimasukan kedalam kardus besar. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan lomba bukanlah hadiahnya melainkan proses lomba itu sendiri yang perlu dihayati. Meskipun begitu, para peserta tampak penuh ceria menjalani lomba yang disediakan panitia. Gelak tawa dan canda gurau terus mengalir deras selama proses lomba.

“Kita siapkan anggaran khusus buat lomba ini, hitung-hitung hiburan. Kasian anak-anak kalau libur sekolah dan ngaji hanya diisi dengan tidur di kamar,” pungkasnya. (Syarif A/Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Santri Bahrul Ulum Tambakberas Latih Kekompakan Melalui Sejumlah Lomba

Sorry, comment are closed for this post.