PC IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU Kepada Pelajar Kalangan Umum

PC IPNU-IPPNU Jombang Kenalkan NU Kepada Pelajar Kalangan Umum

NU Jombang Online,
Tak henti-hentinya Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Jombang mengajak para pelajar turut besarkan NU.

IMG-20160701-WA0007Pada Rabu-Jumat (29 Juni-1Juli) kemarin, PC IPNU-IPPNU ini menggelar pondok Ramadhan di aula Islamic Center Masjid Alun-alun Jombang yang diikuti oleh mayoritas dari kalangan siswa sekolahan umum, tingkat SMP dan SMA.

Hal tersebut, menurut Ketua PC IPPNU, Qurratul Aini memang menjadi visi, misi tersendiri dilaksanakannya agenda pondok Ramadhan. Pasalnya, ia mengaku mereka sangat minim pengetahuan tentang keagamaan, bahkan sebagian dari mereka ada yang belum bisa nulis Arab, apalagi pengetahuan terhadap NU atau beberapa badan Otonom (Banom) NU dan ajaran-ajarannya.

“Bahkan sebagian anak-anak saat ustadz membaca kitab dan peserta disuruh mengartikan, tidak sinkron dengan kalimat yang dibacanya,” katanya kepada NU Online, Jumat (1/7/2016).

Kondisi demikian, kata Aini sangat memprihatinkan dan membutuhkan pendampingan intensif khususnya dari panitia pelaksana setelah usai agenda. Dan didorong oleh sejumlah guru di masing-masing sekolahan mereka.

Namun untuk sementara ini, sejumlah materi yang disuguhkan saat agenda sangat membantu meningkatkan pengetahuannya terkait keagamaan, ke-NU-an dan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.

“Semuanya ada 15 materi slama tiga hari, mereka juga diajak untuk mengkhatamkan kitab “Hujjah Ahlussunah Wal Jamaah”,” ujarnya.

Dikatakan Aini, bahwa bentuk tindak lanjut dari kegiatan tersebut, peserta akan terus diajak mendalami pengetahuan keagamaan dan kelembagaan NU yang diperoleh saat pondok Ramadhan.

Ia merencanakan selambat-lambatnya pada hari aktif masuk sekolah, PC IPNU-IPPNU Jombang sudah bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolahan terkait, agar dilaksanakan kegiatan yang bernuansa ke-NU-an.

“Kita kan punya program “Jumat Bahagia” yang memang melibatkan para pelajar di Jombang, juga diselenggarakan di sekolahan-sekolahan. Nah kita ingin sekolahan umum itu juga bisa dijadikan tempat agenda ini,” jelasnya.

Agenda pondok Ramadhan ini diikuti kurang lebih 200 pelajar Jombang, dari berbagai sekolahan umum yang menjadi target agenda. Hal ini juga atas dukungan banyak pihak, terutama PCNU, PC GP Ansor setempat, Fatayat NU, Muslimat NU, ISNU dan takmir masjid alun-alun Jombang. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author