Modal Usaha Dari Lazisnu Jombang

NU Jombang Online,
Dalam dua hari terakhir, Selasa (16/08) dan Rabu (17/08), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdaltul Ulama (Lazisnu) Jombang menjalankan program distribusi Nu’preneur, dengan menyalurkan dana bantuan untuk modal usaha.

Pada hari Selasa (16/08), setelah sholat Tarawih, Lazisnu Jombang menyalurkan dana bantuan untuk modal usaha di Bajang Karanglo Mojowarno, dan pada hari Rabu (17/08) juga setelah sholat tarawih, dilanjutkan penyampaian bantuan yang sama di desa Badang Ngoro. Masing-masing sebesar Rp.3000.000,- (tiga juta rupiah).

Penyerahan di Bajang Karanglo dilakukan di Masjid Bajang Karanglo, bersamaan dengan khataman al Qur’an dan peringatan Nuzul Qur’an. Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Karanglo, Habib dan dari PCNU diwakili oleh KH Taufik Djalil.

Dalam sambutannya Habib mengatakan bahwa, apa yang dilakukan oleh Laisnu Jombang sungguh sangat membanggakan, karena NU bisa mmberikan manfaat kepada warga. “Selama ini warga NU hanya dimintai bantuan saja, namun untuk saat ini melalui Lazisnu, NU memberi ke warga, tidak hanya minta”, tambahnya dalam sambutan didepan sekitar 200-an orang.

Sementara itu, penyerahan bantuan modal usaha di Badang Ngoro diserahkan di Musholla al Ikhlas Badang Ngoro. Hadir dalam penyerahan tersebut antara lain Ketua Ranting NU Badang, Drs. Muhammad Faishol serta sekitar 100-an warga Badang.

Dalam kegiatan distribusi Nu’preneur ini, Lazisnu Jombang bekerja sama dengan Koperasi Kelompok Mawaddah di Bajang Karanglo Mojowarno dan bekerjasama dengan Koperasi Kelompok Kebon Makmur di desa Badang Ngoro. Hal ini dilakukan karena dalam SOP (standard operational procedure/prosedur operasional standar) yang dimiliki Lazisnu, untuk penyaluran program distribusi Nu’preneur mensyaratkan kerjasama dengan kelompok masyarakat yang mendapatkan rekomendasi dari pengurus NU, baik di ranting, MWC atau cabang atau dari pendamping kelompok. Tujuan utamanya, agar selalu terbangun solidaritas diantara warga, kalau diberikan per-individu, cenderung individual dan itu bertentangan dengan semangat zakat, infaq dan shodaqoh. (mus)

Categories: Berita Utama

About Author

Write a Comment

Only registered users can comment.