Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Meriahkan Harlah, Pesantren Putri Al-Lathifiyyah 2 Jombang Siapkan Sejumlah Lomba

Meriahkan Harlah, Pesantren Putri Al-Lathifiyyah 2 Jombang Siapkan Sejumlah Lomba

(177 Views) October 6, 2017 5:45 am | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Pondok Pesantren Puteri Al-lathifiyyah 2, Tambakberas, Jombang merayakan hari lahir (harlah) ke-27. Acara dibuka langsung oleh pengasuh pesantren Hj. Mundjidah Wahab.

Dalam harlah kali ini, panitia mengambil tema ‘meneladani serta mempertahankan ajaran dan warisan walisongo sebagai penyebar Islam Rohmatan lil Alamin di Nusantara’.

Ketua panitia harlah, Fia Maulidia menyebutkan pemilihan tema tersebut dilatar belakangi peran walisongo yang sudah hampir terkubur oleh zaman. Banyak kalangan remaja Islam yang hampir melupakan sejarah perjuangan, ajaran dan warisan walisongo di Nusantara.

“Pembukaan harlah dilakukan oleh Ibu Nyai langsung dan didampingi oleh keluarga ndalem,” jelasnya, Kamis (5/9/2017).

Fia berharap para santri bisa meneladani serta mempertahankan ajaran dan warisan walisongo. Ajaran-ajaran tersebut sudah dikemas apik dengan kultur budaya Nusantara.

Selain itu, dalam pembukaan Harlah tersebut, panitia dan peserta menampilkan cuplikan kisah walisongo. Salah satu cuplikan kisah yaitu berisi pengajaran Islam di Indonesia, seperti penyampaian ilmu melalui wayang.

“Usia 27 tahun merupakan usia yang tidak lagi muda dalam umur seorang manusia. Begitu juga pesantren kami yang terus berbenah menjadi lembaga pendidikan agama nomor satu,” tambahnya.

Harlah juga dihiasi lomba-lomba guna menyaring kreativitas para santri. Sedikitnya ada 19 jenis perlombaan pada Harlah kali ini.

Lomba-lomba tersebut antara kirab, taqdimul qishoh, bulu tangkis, senam kreasi, cerdas cermat umum agama (CCUA), musabaqah hifdzul qur’an (MHQ) dan musabaqah syarhil qur’an (MSQ).

Tidak hanya itu, panitia juga menyiapkan lomba baca kitab, adu argumen, da’i, praktikum fiqih, rebana, kreasi nadhom, dan membuat taplak. Dan lomba paling meriah serta ditunggu-tunggu yaitu miss lathifiyyah 2.

“Lomba ini juga diikuti oleh 3 ribath lainnya seperti ribath Az-zakiyyah, As-sa’adah, dan As-sakinah. Khusus untuk lomba membuat taplak berlangsung selama satu bulan, diadakan setiap kamis malam, senin malam dan jumat pagi,” ujar Fia.

Terakhir, pada puncak Harlah nanti akan diadakan Festival Banjari se-Kabupaten Jombang kategori putri. Lomba ini akan diadakan pada tanggal 26 Oktober mendatang. Lomba tersebut sudah menjadi langganan setia tahunnya.

“Festival Banjari sebagai upaya melestarikan budaya pesantren dan salah satu bentuk cinta kepada Rasulullah” paparnya.

Sementara itu, Hj Mundjidah Wahab menginginkan para santrinya memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan kemampuan.

Harlah ini hendaknya juga dijadikan tolak ukur evaluasi bagi ustadz dan pengurus terkait program-program berkelanjutan. Seperti kajian agama, ekstrakurikuler dan manajemen pesantren.

“Kita berharap semua bisa mengambil manfaat dari harlah ini,” pungkasnya. (Syarif/Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Meriahkan Harlah, Pesantren Putri Al-Lathifiyyah 2 Jombang Siapkan Sejumlah Lomba

Sorry, comment are closed for this post.