Ketua DPRD Jatim Resmikan BMT NU Peterongan

Ketua DPRD Jatim Resmikan BMT NU Peterongan

NU Jombang Online,
Satu lagi lembaga ekonomi Baitul Mal wat Tamwil (BMT) NU di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) telah berdiri dan diresmikan. Peresmian BMT NU Peterongan, Sabtu (18/3/2017) secara simbolis dilakukan oleh Ketua DPRD Jawa timur, Halim Iskandar.

Sekretaris Pengurus Cabang Nadhaltul Ulama (PCNU) Jombang, Muslimin Abdillah mengatakan bahwa dibukanya BMT NU di MWCNU Peterongan merupakan bagian dari program PCNU untuk membantu masalah ekonomi jamaah. “PCNU akan terus mengembangkan BMT di setiap MWCNU, sehingga semuanya bisa berdiri,” ujarnya.

Dikatakannya, hingga kini BMT sudah berdiri di 5 kecamatan dan satu dikelola oleh Pengurus Cabang. Ke depan, harapannya seluruh MWCNU di masing-masing kecamatan bisa berdiri BMT. “Omzet modal sudah mencapai Rp 2,3 miliar.  Dan sekarang yang sudah berdiri 5 MWC, yakni Kesamben, Bareng, Megaluh, Peterongan dan di PCNU sendiri sebagai pusatnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jawa Timur,  Halim Iskandar mengatakan, NU sudah seharusnya banyak mengembangkan lembaga ekonomi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dan klinik kesahatan untuk membantu jamaah. Menurutnya jamaah NU yang jumlahnya jutaan tidak lepas dengan masalah ekonomi dan kesehatan.

“Jamaah NU itu sangat besar, dan bisa dipastikan selalu berhubungan masalah ekonomi. Karenannya lembaga BMT ini menjadi penting ada dan dikembangkan NU disemua tingkatan,” tuturnya saat menghadiri Peresmian Kantor MWCNU serta launching BMT NU Peterongan.

Tidak hanya mendorong adanya BMT, pria yang akrab disapa Gus Halim ini juga langsung mendaftar menjadi anggota BMT NU Peterongan dengan ikut menabung sebesar Rp10 juta. “Ini saya ikut menabung di BMT NU Peterongan ini, semoga bisa diikuti warga NU semua yang ada di Peterongan,” ujarnya.

Masih Gus Halim, setelah lembaga ekonomi seperti BMT, NU juga harus berani mendirikan klinik kesehatan untuk membantu masyarakat. “Setelah Ekonomi, NU harus menyiapkan pelayanan kesehatan. Dua lembaga ini selalu berhubungan dengan jamaah kita NU di bawah,” tambahnya mengingatkan.

Gus Halim berjanji akan membantu dalam pembangunan klinik kesehatan yang didirikan NU di setiap kepengurusan. “Siapkan lahan, saya akan membantu pendirian gedung klinik kesehatan. Syaratnya lahan harus atas nama NU,” pungkasnya. (Muslim Abdurrahman/nuo/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author